Abdul Hakim Bafagih Desak Garuda Bersinergi Pulihkan Sektor Pariwisata

 Abdul Hakim Bafagih Desak Garuda Bersinergi Pulihkan Sektor Pariwisata

Fraksipan.com – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN, Abdul Hakim Bafagih mengatakan, resesi ekonomi akibat pandemi telah nyata dan terasa. Upaya pemerintah dalam program recovery ekonomi sudah pula berjalan. Salah satu upayanya adalah mendorong pulihnya sektor pariwisata.
Selama ini pemerintah dan masyarakat tampak sudah mulai adaptif terhadap situasi pendemi dengan menjalankan aktivitas dalam kerangka “new normal”. Khusus wisatawan domestik, jumlahnya mulai naik. Tempat-tempat wisata mulai banyak dikunjungi dengan protokol kesehatan yang ketat.
Ada harapan yang begitu besar dari beberapa daerah destinasi wisata agar ekonomi mulai bergerak dan tumbuh. Bali, Lombok, Yogyakarta, Batam dan daerah destinasi lainnya menunggu untuk bergerak dan tumbuh. Harapan tersebut tampaknya masih bertepuk sebelah tangan. Salah satunya adalah masih mahalnya tiket pesawat.
Garuda Indonesia yang seharusnya menjadi leading sector dalam industri maskapai masih memasang tariff yang begitu mahal. “Seharusnya Garuda Indonesia (GIA) membuat aksi korporasi yang bersinergi dengan upaya pemerintah dalam membangkitkan industri pariwisata, yaitu memberikan insentif harga. Bukan malah memasang tarif mahal dibanding maskapai lain,” ujar Anggota Komisi 6 DPR RI Fraksi PAN, Abdul Hakim Bafagih dalam keterangan tertulis, Kamis (19/11/2020).
Di saat permintaan turun, seharusnya harga bergerak turun hingga menstimulus permintaan. Apa yang dilakukan Garuda tampak berseberangan dengan upaya pemerintah dalam program pemulihan ekonomi khususnya melalui sektor pariwisata. Abdul Hakim Bafagih menilai bahwa Garuda Indonesia seharusnya mendukung penuh upaya membangkitkan kembali industri pariwisata. Pasalnya, pada tahun ini, Garuda telah mendapat suntikan dana dari pemerintah melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Ini artinya, negara mengharapkan Garuda secara langsung bersinergi dengan pemerintah dalam upaya memulihkan sektor pariwisata. (ed)jpnn

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.