Penyelenggaraan Haji

Fraksipan.com – Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong, menyesalkan terulangnya kembali kasus calon jamaah haji (calhaj) ilegal. Ali mengatakan pemerintah harus mencari jalan keluar supaya kasus ini tidak sampai terjadi kembali.

” Sejak awal selalu mengatakan tolong dilakukan pengecekan, langkah-langkah pencegahan dini mengenai jamaah haji ilegal,” kata Ali, Kamis (10/8/17).

Ali mengatakan pemerintah harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mematuhi aturan dalam berhaji. Masyarakat harus diberikan kesadaran, sekaligus bimbingan agar tidak menempuh cara-cara ilegal untuk pergi ke Tanah Suci. Dia mengimbau supaya masyarakat tidak nekat karena sudah ada regulasi dalam berhaji.

Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengatakan, petugas Imigrasi juga harus mengecek biro perjalanan yang akan memberangkatkan jamaah haji, bekerja sama dengan Kementerian Agama, dan aparat kepolisian. Menurut dia, Imigrasi perlu lebih tanggap melakukan pencegahan dini dengan meminta informasi seluas-seluasnya.

Ali menilai, rencana keberangkatan jamaah haji ilegal ini sebenarnya bisa dideteksi oleh Imigrasi.
“Kalau berangkat pakai visa ziarah, ziarahnya ke mana. Dalam suasana dua bulan musim haji tidak mungkin ada ziarah ke sana,” kata Ali.(ed)

LEAVE A REPLY