Eddy Soeparno Berharap Industri dan BUMN Gunakan Panel Surya

 Eddy Soeparno Berharap Industri dan BUMN Gunakan Panel Surya

Fraksipan.com – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno berharap industri dalam negeri dan BUMN dapat menggunakan panel surya.

Ia berharap panel surya dapat digunakan di gedung-gedung atau pabrik-pabrik sebagai penerapan energi ramah lingkungan.

Harapan tersebut disampaikan Eddy Soeparno usai pertemuan dengan Dirut Coca Cola Amatil Indonesia, Dirjen ESDM, Direksi PLN, serta Pemda Bekasi di Cibitung, Jawa Barat, Kamis, 26 November 2020.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi industri yang akan mengikuti jejak Coca Cola Amatil,” kata Eddy.

“Termasuk industri-industri kita yang dalam negeri,” ujarnya lagi

“Kita akan minta BUMN-BUMN kita agar bisa menggunakan panel surya di kantor-kantor dan di gedung-gedung yang mereka gunakan,” ucap politisi Fraksi PAN itu melanjutkan.

Usai meninjau penerapan energi ramah lingkungan di Coca Cola Amatil Indonesia, Eddy menilai penggunaan teknologi panel surya yang sudah berjalan hampir 2 tahun itu sangat baik dan ramah lingkungan.

Selain itu menurut Eddy, penggunaan teknologi panel surya tersebut sangat berguna dan bermanfaat untuk menunjang kegiatan Coca Cola Amatil Indonesia.

“Kami lihat tadi total areal yang telah dipasangi di rooftop gedung atau atap pabrik itu kurang lebih 7,2 ha sehingga menghasilkan 7,13 MW listrik di siang hari,” tuturnya.

“Karena memang tidak ada baterai, sehingga penggunaannya di siang hari,” ujar Eddy.

“Ini semua tetap bekerja sama dengan PLN, dalam artian bahwa ada kelebihan listrik yang bisa dijual kepada PLN,” ucap pria kelahiran Jakarta itu.

Meski begitu, menurut Eddy, Coca Cola Amatil tetap menjadi pelanggan PLN, karena bagaimanapun juga asupan listrik yang dihasilkan tersebut tidak konstan dari panel PLTS-nya.

“Seperti kalau ada awan, ada hujan dan lain-lain termasuk juga di malam hari, sehingga memang masih dibutuhkan asupan dari PLN,” tutur Eddy.

Politikus dapil Jabar III ini mengapresiasi apa yang dipaparkan Dirut Coca Cola Amatil Indonesia.

Pada kesempatan itu, Dirut Coca Cola Amatil Indonesia mengatakan akan memasang panel surya secara bertahap di pabrik-pabriknya di berbagai daerah yaitu Sumedang, Surabaya, Bali dan Medan.

Komisi VII DPR RI sangat mengapresiasi hal tersebut karena Coca Cola Amatil Indonesia secara masif menerapkan kebijakan tersebut di seluruh pabriknya,” pungkas Eddy. (ed)

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.