Infranstruktur Asian Games Dapat dijadikan Modal Untuk industri Berbasiskan Pariwisata dan Olahraga

29

Fraksipan.com – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengatakan sejumlah infrastruktur yang sudah dibangun sebagai penunjang perhelatan Asian Games 2018 harus tetap dikembangkan, agar berdampak positif bagi perekonomian Sumatera Selatan (Sumsel).

Demikian diungkapkan Hafisz dalam Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke Provinsi Sumatera Selatan terkait evaluasi pasca penyelenggaraan Asian Games 2018. Turut hadir Gubernur Sumsel, Hadi Prabowo beserta jajaran, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel dan Bank Indonesia (BI).

“Sumatera Selatan sudah mempunyai fasilitas olahraga yang memadai. Jika tidak didukung dengan keberlanjutan event olahraga lain pasca Asian Games, maka akan hanya jadi aset atau barang yang tak bernilai,” paparnya, (26/9/2018).

Ia menuturkan, sejumlah pembangunan infrastruktur yang sudah dibangun, seperti LRT (Light Rail Transit), Jakabaring Sport City, Pengembangan Bandara, Jembatan Musi IV, Musi VI, Pembangunan Hotel dan lainnya bisa menjadi modal dasar untuk mengadakan event olahraga berskala internasional.

“Kita jadikan modal dasar kita untuk mencari kegiatan atau industri yg berbasiskan pariwisata dan industri berbasis event olahraga. Kami sebagai wakil rakyat akan terus mensupport sepanjang venue atau infrastruktur ini bisa membangkitkan ekonomi daerah,” jelas Hafisz.

Menurutnya, penyelengaraan Asian Games telah membawa dampak cukup signifikan pada perekonomian Sumatera Selatan. Tercatat, pertumbuhan ekonomi Sumsel TW II 2018 tercatat sebesar 6.07 persen. Pencapaian ini merupakan tertinggi selama empat tahun terakhir dan berada diatas growth nasional.

“Ini pertumbuhan yang menggembirakan berada diatas rata-rata nasional. Asian Games berhasil memicu pertumbuhan ekonomi dan juga membangkitkan industri-industri kecil berbasis UMKM,” jelas politisi F-PAN DPR RI ini.

Selain di bidang olahraga, Hafisz juga mendukung infrastruktur yang telah ada untuk disinkronisasi dengan pengembangan di sektor pariwisata. Melihat bisnis UMKM dan cinderamata juga akan ikut terangkat dengan adanya kunjungan wisata mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Penyelenggaraan Asian Games 2018 telah mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga di Sumsel tumbuh cukup baik di level 4.07 persen.

“Jika hanya fokus olahraga maka sisi yang maju hanya sebagian kecil, kita lebarkan, masukkan industri pariwisata dan industri yang berbasis rumah tangga sehingga dampak ekonomi pasca asian games ini bisa juga menyentuh masyarakat kecil,” pungkas Anggota DPR RI dapil Sumatera Selatan itu. (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here