Kunker Spesifik, Desy Menyoroti Pentingnya Peningkatan Mutu Pendidikan

 Kunker Spesifik, Desy Menyoroti Pentingnya Peningkatan Mutu Pendidikan

Fraksipan.com – Anggota Komisi X Fraksi PAN Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi mengadakan kunjungan kerja Spesifiknya ke Dinas Pendidikan wilayah V Prov. Jabar dan bertemu langsung dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Kota-Kabupaten Sukabumi) Ibu Dr. Nonong Winarni, S.Pd., M.Pd, Kepala Sekolah Menengah Atas dan SLB, Pengawas Sekolah se-Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas yang menyampaikan Informasi Sebaran PNS, data sekolah di Kota dan Kabupaten Sukabumi, IPM Kota dan Kabupaten, capaian hasil UN yang naik untuk di Kota dan Kabupaten menjadi 3 Poin. Namun Ada beberapa hal yang dikeluhkan yaitu mengenai Pencairan PIP, diantaranya penyaluran di Bank BNI yang tidak dilayani dengan baik masih ada di tahun 2018-2019, ada yang belum dicairkan terkait dengan sulitnya proses dan mekanisme.

Hal lain yang diungkapkan kepada Anggota Komisi X ini diantaranya komitemen untuk meningkatkan mutu pendidikan, bagaimana merespon keinginan masyarakat (SMK sebagai pemasok tenaga menengah masih belum maksimal), Pendidikan Kebutuhan Khusus (SLB Kota Juara Tk. Nasional), Peningkatan akses pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi dunia usaha dan industri agar dapat merespon masyarakat yang saat ini mengalami kendala seperti lulusan SMK terkait masalah sarana dan prasarana.

Desy mengatakan bahwa untuk menjawab keresahan kita semua, DPR RI melalui Badan Legislasi telah mengesahkan Prolegnas Prioritas Tahun 2020 dan Prolegnas 2020-2024 dan di dalam Daftar RUU Proglegnas itu akan segera merevisi UU Sisdiknas sebagai usulan dari pemerintah dan diharapkan dapat merubah sitem pendidikan,tenaga pengajar, guru dan dosen kearah yang lebih baik dan dapat mengakomodir semua kepentingan anak-anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Desy berharap kendala terkait pencairan Dana PIP harus sesuai dengan data yang telah tervalidasi dulu Dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh bank yang ditunjuk oleh pemerintah Hal ini perlu dilakukan agar kendala seperti ini tidak terulang kembali dikemudian hari.

Kepala Dinas mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja anggota Komisi X ini dan berharap jangan pernah putus untuk menengok ke lapangan (Disdik Prov.) untuk mengawal pendidikan untuk meningkatkan kualitas. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.