Mohammad Hatta : Saatnya Papua Menerima Hasil Freeport

34

Fraksipan.com – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN, Mohammad Hatta mengatakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diharapkan melobi PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) agar dapat mengambil salah satu proyeknya.

“Atau mungkin bisa ikut serta dalam proyek Freeport, jangan sampai semua dilaksanakan oleh pemerintah pusat, makanya BUMD harus mengambil kesempatan itu sehingga Papua mendapatkan keuntungan dari kerjasama tersebut, “tegas Hatta saat meninjau Jembatan Holtekamp, Senin (30/7/2018).

Hatta menegaskan, sudah saatnya Papua menerima hasil dari Freeport, walau demikian, Hatta menilai Pemerintah Papua masih kesulitan untuk menikmati hasil dari perusahaan tambang itu lantaran beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang dikeluarkan oleh Pemda sama sekali tidak disupport oleh Freeport.

“Bahkan ada Perda mengenai pajak air tanah yang tidak diakomodir Freeport, kedepan harus ada kesepakatan dan harus ditindaklanjuti oleh Freeport, kalau itu bisa dilakukan dengan baik, maka kerjasama antara Pemerintah Papua dan Freeport dinamis, “ucapnya.

Hatta mengatakan, masyarakat Papua sesungguhnya bukan tak mampu bekerja, namun hanya belum diberi kesempatan berkarir di perusahaan itu. (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here