Mulfacri Harahap: Ruang Tahanan di Lapas Tanjung Gusta Salah Satu Yang Terbaik di Indonesia

14

Fraksipan.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap menilai, progres pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, yang merupakan upaya Komisi III DPR RI untuk meningkatkan kapasitas lapas sudah berjalan dengan baik.

“Kami melihat banyak sekali perubahan yang terjadi di lapas Tanjung Gusta ini,” kata Mulfachri saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI meninjau Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumut, Jumat (02/11/2018).

Tim Kunker Komisi III DPR RI juga mengunjungi beberapa ruang tahanan untuk melihat sejauh mana perkembangan serapan anggaran di lapas ini.

“Saya pribadi bisa mengatakan bahwa ruang tahanan yang ada di lapas Tanjung Gusta ini merupakan salah satu ruang tahanan yang terbaik yang ada di seluruh Indonesia,” tambah Mulfachri.

Selain itu, Mulfachri menilai, suasana yang dibangun di lapas memberikan sebuah situasi yang kondusif yang merupakan upaya kami melakukan pembinaan terhadap warga binaan di Sumut. Menurutnya, terkait overkapasitas, adalah suatu permasalahan klasik yang terjadi diseluruh lapas yang ada di Indonesia.

“Sesuatu yang tidak bisa dihindari antara tingkat kapasitas lapas dan pertambahan jumlah penghuni lapas sehingga terjadi ketidakseimbangan. Tetapi kepala lapas selalu saja mempunyai cara untuk mengatasi masalah tersebut,” ungkap legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Oleh karena itu, lanjut Mulfachri, pihaknya juga memberikan solusi kepada kepala lapas Tanjung Gusta bahwasannya tindak pidana ringan yang selama ini diberikan sanksi tahanan agar bisa diberikan sanksi alternatif agar over kapasitas yang selama ini terjadi bisa berkurang perlahan-lahan. (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here