Perlu Perbaikan Penyelenggaraan Haji Tahun Depan, Ali Taher : Terendah Kepuasan Jemaah Pada Pelayanan di Arafah-Mina

13

Fraksipan.com – Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong mengemukakan, DPR RI dalam pelaksanaan ibadah Haji tahun 1439 H/2018 telah melakukan pengawasan dan memberi bebarapa catatan.

 

DPR RI menekankan perlunya perbaikan fasilitas pelayanan, pembinaan dan perlindungan pada saat jemaah haji berada di Arafah, Muzdalifah, Mina Jamarat.

 

“Hal tersebut juga tercermin pada Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2018 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa komponen terendah dari kepuasan jemaah Haji terdapat pada pelayanan di Arafah-Mina,” kata Ali Taher saat rapat kerja dengan Kementerian Agama,Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perhubungan, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (26/11/2018).

 

Menurut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, rendahnya pelayanan di Arafah-Mina berarti terulangnya kembali atas pelayanan akomodasi di Madinah, pelayanan konsumsi kesehatan dan pelayanan transportasi dan perlindungan jemaah Haji, sehingga diperlukan perbaikan penyelenggaraan Haji tahun depan.

 

Dalam raker beragendakan evaluasi penyelenggaran Haji tahun 2018 dari ketiga kementerian itu, Komisi VIII DPR RI mempertanyakan kebijakan untuk penyelenggaraan Haji ke depan.

 

Komisi VIII DPR RI juga mempertanyakan rencana strategis jangka pendek, menengah dan jangka panjang ketiga kementerian itu dalam mempertahankan yang sudah baik dan memperbaiki kekurangan, sehingga permasalahan Haji tak terulang kembali (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here