Reses, Desy Ratnasari Kunjungi BPBD Kota Sukabumi

104
Desy Ratnasari

FRAKSIPAN.COM – Pada masa reses kunjungan kerja perorangan, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Hj. Desy Ratnasari, M.Si.,M.PSi mengunjungi BPBD Kota Sukabumi (03/08/17). Desy mengungkapkan bahwa dalam kesiapsiagaan bencana perlu adanya pelatihan bagi para petugas khususnya unit reaksi cepat di BPBD Kota sukabumi. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Diharapkan agar pemerintah pusat dan daerah dapat besinergi dan memberikan bantuan kerjasama, baik itu dengan komunitas pecinta lingkungan ataupun dengan mengikutsertakan para pemuda dan pemudi dilingkungan tempat tinggal masing-masing, karena bencana dapat terjadi kapanpun. Oleh sebab itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, petugas unit reaksi cepat dan masyarakat tentunya.

Dalam kunjungan kerja ini turut hadir Hadir Setda Kota Sukabumi Dr. H.M Hanafi dan Kepala Pelaksana BPBD Asep Suhendrawan S. Sos. Mereka menyampaikan bahwa Kota Sukabumi telah berupaya dalam penanganan bencana, mulai dari memfasilitasi segala kebutuhan kesiapsiagaan bencana hingga menyiapkan petugas berpengalaman dalam menghadapi bencana mengingat Sukabumi adalah salah satu kota yang indikator resiko bencananya cukup tinggi.

Reses Desy Ratnasari-01

Namun diungkapkan oleh Setda Kota Sukabumi DR. H.M Hanafi bahwa penanganan segi personil sangat terbatas saat ini namun BPBD Kota Sukabumi dapat merangkul beberapa komunitas seperti Menwa, Pramuka, Osis dan masih banyak lagi komunitas yg mencintai lingkungan untuk bekerja sama dalam rangka menjaga lingkungan seperti gerakan menanam pohon, membuat aliran air dilingkungan masyarakat dan Masih banyak hal lain yang dilakukan.

“Kita harus dapat memanfaatkan masyarakat untuk membantu terlaksananya kegiatan kemasyarakatan sebagai bagian dari unit reaksi cepat dan tanggap terhadap bencana di lingkungan masyarakat dan kita juga dapat membentuk Tim Relawan dengan memberikan fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan mereka dalam melaksanakan tugasnya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan mengajarkan Perilaku yang baik dan memberikan solusi kepada masyarakat misalnya dengan menyediakan plastik sampah di setiap kepala keluarga agar mereka dapat menjaga lingkungan mereka dan membuang sampah pada tempatnya” paparnya.

Menutup pertemuannya dengan BPBD Kota Sukabumi, Desy Ratnasari menyampaikan adanya Pusdalop yang disediakan oleh Pemerintah perlu diimbangi dengan pelatihan para petugas unit tanggap bencana juga. Hal ini dilakukan agar para petugas mampu mengoperasikan alat-alat Pusdalop tersebut dengan baik ketika menghadapi bencana.

“Untuk penguatan dan pelatihan petugas kedepan tentunya akan saya sampaikan dan tindaklanjuti kepada BNPB untuk kemudian nanti diharapkan para petugas dapat menjadi bagian dari unit reaksi cepat tanggap darurat bencana” tutup Desy. (ed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here