Anggota DPR Pertanyakan Cadangan Beras Bulog Busuk

 Anggota DPR Pertanyakan Cadangan Beras Bulog Busuk

Haerudin Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi IV DPR RI menyoroti kinerja penyediaan kebutuhan pangan yang dilakukan oleh Perum Bulog terkait cadangan beras nasional dan mahalnya harga daging menjelang lebaran.

Terkait dengan beras, Anggota DPR menyoroti Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia cukup hingga akhir tahun. Namun sayangnya, terdapat 400 ribu ton beras ditemukan dalam kondisi tidak baik, bahkan busuk.

Anggota Komisi IV dari Fraksi PAN Haerudin menilai bahwa ini bukan persoalan yang sederhana. Menurutnya, Bulog perlu menampilkan dirinya sendiri untuk dapat menyampaikan seperti jumlah stok yang dimiliki, kemampuan Bulog, kapasitas ruang penyimpanan Bulog serta jumlah ruangan yang diberikan.

Selain itu, Haerudin berharap Bulog dapat bekerja sama dengan petani. Bulog perlu menempatkan diri menjadi pelayan masyarakat maupun pihak yang berhubungan secara komersial.

Dia menilai, instansi pemerintah seperti Bulog, di satu sisi badan adalah pelayanan sedang di sisi lainnya adalah komersial. Adapun bentuk kerja sama yang dapat diupayakan adalah dengan pengkajian ulang harga eceran terendah pada beras petani.

“Di sisi yang lain pemerintah ngasih modal, di sisi yang lain Bulog juga harus mandiri. Artinya, ini adalah ruang plus-minus, yang Bulog bisa manfaatkan betul bagaimana bisa menjadikan Bulog jauh lebih baik dari tahun tahun sebelumnya,” jelasnya

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.