Antisipasi Ledakan Covid-19, PAN: Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis Harus Ditambah

 Antisipasi Ledakan Covid-19, PAN: Fasilitas Kesehatan dan Tenaga Medis Harus Ditambah

Saleh Partaonan Daulay Ketua Fraksi PAN DPR RI

Fraksipan.com – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 yang mengganas, ketersediaan fasilitas kesehatan perlu dijadikan perhatian oleh pemerintah.

Anggota Komisi IX itu menyebut, saat ini saja banyak masyarakat yang mengaku kesulitan mencari fasilitas kesehatan untuk merawat anggota keluarga ataupun mereka sendiri.

“Mestinya karena sudah ada prediksi, pemerintah mesti melakukan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan. Pertama menyiapkan sarana kesehatan dan fasilitas kesehatan yang mumpuni dan juga tersedia secara luas,” ujar Saleh kepada awak media, Kamis (8/7/2021).

“Kenapa? Karena sekarang ini rumah sakit sudah full, jadi banyak masyarakat yang berkeluh kesah sekarang,” sambung dia.

Menurut Saleh, banyak masyarakat yang terpapar Covid-19 namun justru tidak bisa dirawat di rumah sakit karena ketiadaan ruang ICU dan ruang perawatan.

Saleh juga meminta pemerintah supaya bisa merekrut tenaga kesehatan baru untuk membantu mereka yang sejak awal pandemi pada mula 2020 lalu telah berjibaku melawan virus Corona.

“Mengapa ini penting? Sekarang ini para tenaga medis kita sudah pada titik lelah, karena peningkatan jumlah orang terpapar Covid juga tinggi,” kata dia.

Belum lagi mereka menyaksikan sendiri banyak koleganya yang gugur lantaran virus asal China tersebut. Perekrutan tenaga medis baru, kata Saleh akan menyuntikan semangat baru bagi mereka. Apalagi jika dibarengi dengan kucuran insentif bagi mereka.

“Termasuk di antaranya insentif tenaga kesehatan yang belum dibayarkan kita harapkan untuk segera dibayarkan. Karena itu jumlahnya masih banyak,” kata dia.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.