Ashabul Kahfi Apresiasi Kebijakan Hapus Tes PCR dan Antigen Untuk Perjalanan Domestik

 Ashabul Kahfi Apresiasi Kebijakan Hapus Tes PCR dan Antigen Untuk Perjalanan Domestik

Ashabul Kahfi Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi IX DPR RI, Ashabul Kahfi mendukung langkah pemerintah meniadakan tes antigen dan PCR negatif Covid-19 dalam perjalanan domestik.

Pelaku perjalanan domestik nantinya tak perlu menunjukan bukti tes antigen dan PCR negatif Covid-19 jika sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua dosis.

“Kami di Komisi IX sangat mendukung kebijakan ini,” kata Kahfi, Selasa (8/3/2022).

Ketua DPW PAN Sulsel itu menilai, aturan baru itu akan meringankan beban masyarakat. Kedua, aturan baru itu jadi stimulan perbaikan ekonomi nasional.

“Sejak awal, kami telah meminta agar cukup bukti vaksinasi saja yang digunakan sebagai persyaratan perjalanan,” katanya.

Meski demikian, politisi berlatar aktivis Muhammadiyah itu berharap pemerintah tetap memperketat verifikasi bukti vaksinasi di bandara.

Hal itu diharapkan untuk memastikan pelaku perjalanan domestik benar-benar sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua dosis. Selama satu tahun belakangan ini, Kahfi turut bergerak mendorong dan memfasilitasi vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar. Melalui kerja sama Kementerian Kesehatan, Kahfi menyalurkan ribuan vaksinasi Covid-19 di Kota Daeng

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan dalam rangka transisi menuju aktivitas normal.

Luhut mengatakan, pelaku perjalanan domestik baik melalui darat, laut dan udara tidak perlu menunjukkan hasil tes antigen dan PCR negatif, apabila sudah divaksinasi dosis kedua.

“Hal ini akan ditetapkan dalam surat edaran yang akan diterbitkan oleh kementerian dan lembaga terkait yang akan terbit dalam waktu dekat ini,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/3/2022)

Luhut menyebut kebijakan itu merupakan langkah pemerintah mempersiapkan transisi menuju aktivitas normal. Tapi Luhut meminta masyarakat di berbagai daerah untuk aktif mengikuti program vaksinasi Covid-19.

“Saya mohon dan meminta kesediaan masyarakat untuk kembali mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang tersedia, demi pulihnya dan membaiknya penanganan pandemi Covid-19,” katanya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.