Desy: Kita Harus Menumbuhkan Sikap Toleransi Sesama Anak Bangsa

 Desy: Kita Harus Menumbuhkan Sikap Toleransi Sesama Anak Bangsa

Fraksipan.com – Anggota MPR RI Desy Ratnasari, M.Si.,M.Psi melakukan Sosialisasi 4 pilar bersama pemerintah desa hegarmanah dan unsur paguyuban masyarakat. Ia menyampaikan beberapa pemikiran yang terjadi didalam lingkungan sosial yang terjadi belakangan ini. Ia mengungkapkan bahwa antara teori dan kenyataan, Sebagai anggota DPR RI ia dapat melakukan sesuatu dan membantu permasalahan masyarakat sesuai dengan fungsinya 4ebagai anggota yaitu sebagai fungsi pengawasan (penyerapan aspirasi),sebagai fungsi Legislasi, dan sebagai Fungsi Penganggaran (yang pelaksanaannya dilakukan oleh Eksekutif).

Desy mengatakan pada saat ini terjadi isu / berita tentang toleransi yang tidak sesuai pada tempat nya. Lalu bagaimana cara mengatasinya, Anggota MPR RI F-PAN ini mengungkapkan bahwa kita perlu memiliki pemikiran saling menghargai agar tercipta rasa toleransi dan menghargai sesama yaitu dengan menggunakan hati nurani (tidak berprasangka buruk, sadar diri, saling memberikan kasih sayang, dan empati baik dalam bertutur kata,berprilaku tidak dalam pandangan kita tapi dari pandangan orang lain).

Saat ini salah satu esensi menjaga kebhinekaan, yang utama diantaranya harus belajar saling menghargai dalam segala perbedaan (hal itu di fahami saat setiap individu memiliki rasa empati, kebenaran kita terbatasi dengan kebenaran orang lain).

“Kalau bangsa kita tidak mengasah Empati, maka akan mudah sekali disulut dan di provokasi”, tutup Desy. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.