Desy Mendorong Perpustakaan Daerah Sukabumi Tetap Inovatif Di Tengah Pandemi dan Keterbatasan Anggaran

 Desy Mendorong Perpustakaan Daerah Sukabumi Tetap Inovatif Di Tengah Pandemi dan Keterbatasan Anggaran

Fraksipan.com – Kunjungan kerja masa reses, Anggota Komisi X DPR RI F-PAN Desy Ratnasari, M.Si.,M.Psi mengunjungi Perpustakaan Kabupaten Sukabumi. Dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kab. Sukabumi. Plt Kepada Dinas mengungkapkan bahwa cakupan wilayah kerja Diarpus Bidang kearsipan, jumlah perpustakaan di Sukabumi sebanyak 3334 yang masih belum terbina semuanya dikarenakan masih terbatasnya dana dan sumber daya manusia.

Kondisi gedung memprihatinkan yang hanya memiliki 6 unit pelayanan perpustakaan dan 1 perpus induk, perpus kecamatan 47, 386 perpusdes dan kelurahan. Namun saat ini transformasi perpustakaan Kabupaten Sukabumi yang berdiri pada tahun 1973 ini memiliki banyak prestasi dan capaian yang telah diraih diantaranya tahun 2016 juara pustakawan berprestasi tingkat nasional, Penghargaaan perpuseru award, Penghargaan honorable mention dari perpuseru, Layanan dan kegiatan Storytelling, Tutorial hijab, Pemberian motivasi seputar pendidikan, kesehatan, dan Sosialisasi minat baca.

Tantangan dan kendala keterbatasan anggaran Regulasi di tingkat lokal seperti belum ada akses CSR, kekurangan sarana untuk pembelajaran virtual, Kondisi sarana dan prasarana UPP yang belum refresentatif menjadi bagian dari penyampaian aspirasi dalam kunjungan Anggota Komisi X ini.

Desy mengatakan bahwa perpustakaan harus proaktif dalam pengembangan Perpusdes dan mendukung pengembangan visi dan misi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Sukabumi. Anggota Komisi X ini mengungkapkan kendala yang sama terkait dengan yang terjadi pada perpustakaan Nasional.

“Kita harus mampu mensiasati bagaimana dapat menyampaikan pengetahuan, membaca dalam mencerdaskan anak bangsa sehingga Kita dapat bekerja dan bersinergi untuk mengembangkan perpustakaan ini baik itu kerjasama antara eksekutif dan legislatif sehingga dapat mendorong laju perkembangan perpustakaan meskipun dengan anggaran yang terbatas, jelas Desy saat kunjungannya di perpustakaan, sabtu (20/02/2021).

Di akhir kunjungan Desy mengatakan akan senantiasa mendukung setiap inovasi yang dihadirkan oleh Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Sukabumi. Akan ada hal yang bisa di sinergiskan dengan program- program yang tersedia, walaupun dengan langkah-langkah kecil tapi berkelanjutan dan ia berterima kasih kepada dinas Karena telah manjalankan fungsi pengawasan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dengan baik. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.