Desy Ratnasari Sosialisasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

 Desy Ratnasari Sosialisasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Fraksipan.com – Anggota MPR RI Fraksi PAN Desy Ratnasari, M.Si., M.Psi melaksanakan kegiatan sosialiasi 4 pilar di Cibeureum, Kota Sukabumi. Kegiatan di awali dengan ucapan terimakasih kepada para peserta yang hadir dengan protokol kesehatan dan berharap apa yang akan di sampaikan menjadi bermanfaat dan dapat disebarluaskan kepada lingkungan para peserta yang hadir pada kegiatan ini.

Desy menjelaskan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mengandung makna bahwa semua aktifitas  kehidupan bangsa Indonesia  sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila. Karena hal ini merupakan kritalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki dan bersumber dari  kehidupan bangsa. Pancasila  itu sendiri bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal yang sudah hidup di tengah-tengah masyarakat sejak dulu. Pola-pola yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat, yang mencerminkan segala perbedaan agar dapat memahami Dan menerima perbedaan tersebut. Berbeda-beda itu sendiri memancarkan falsafah Pancasila melalui keragaman adat istiadat, budaya masing-masing daerah.

“Pandangan hidup bangsa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan suatu ideologi bangsa, sebagai jiwa bangsa indonesia yang harus diaplikasikan dalam kehidupan kita,” jelas Desy.

Lebih lanjut Anggota DPR F-PAN ini mengatakan dari sila-sila pancasila itulah kemudian hadir pandangan hidup bangsa sebagai pedoman kita baik dalam menjalankan Negara, Pemerintahan maupun masyarakat. Saling menghargai perbedaan, bahkan dalam satu agama pun terdapat perbedaan, hakikatnya didalam hidup ini segala perbedaan seharusnya tidak dijadikan penghadang kita dalam mengedepankan toleransi dengan sesama.

Apabila melihat rujukan dari UUD NKRI, yang berada di urutan tertinggi dalam suatu kebijakan-kebijakan dan mengedepankan toleransi kita melihat dari dua sisi yaitu melihat nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, dan bagaimana peran media menyampaikan hal tersebut agar tersampaikan nilai- nilai keragaman itu dengan baik di masyarakat. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.