Eko Patrio Ingatkan Pemerintah Untuk Konsisten Terhadap Rencana Subsidi Energi Tertutup

 Eko Patrio Ingatkan Pemerintah Untuk Konsisten Terhadap Rencana Subsidi Energi Tertutup

Eko Hendro Purnomo Anggota Fraksi PAN DPR RI

Fraksipan.com – Pemerintah berupaya menambah alokasi dana subsidi energi dan kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji di tahun ini. Langkah tersebut dalam rangka melindungi masyarakat dengan adanya peningkatan harga beberapa komoditas di dalam negeri.

Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio sepakat dengan usulan pemerintah untuk menambah anggaran tersebut. Meski setuju, Ia memberikan beberapa catatan kepada pemerintah terkait anggaran subsidi tersebut.

“Pada dasarnya kami fraksi PAN (Partai Amanat Nasional) saya setuju, untuk memberikan dukungan tambahan anggaran dengan tujuan memberikan kompensasi terhadap BBM, serta menjaga daya beli masyarakat,” tutur Eko dalam rapat kerja Bersama Menteri Keuangan, Kamis (19/5).

Catatan pertama, Ia menghimbau agar pemerintah konsisten dalam melaksanakan rencana reformasi subsidi energi menjadi mekanisme subsidi secara tertutup. Menurutnya, pemerintah perlu menetapkan target dan alur waktu yang jelas mengenai transformasi subsidi energi tersebut kepada Badan Anggaran (Banggar) sehingga menjadi bahan evaluasi.

Kedua, Eko mengatakan pihaknya sepakat terkait usulan pemerintah untuk menaikkan harga tarif listrik 3000 VA ke atas. Menurutnya ini layak dilaksanakan mengingat daya beli kelompok tersebut relatif lebih kuat.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.