Guspardi Dorong Pemda untuk Realisasikan Pembentukan Tim Tracing Covid-19

 Guspardi Dorong Pemda untuk Realisasikan Pembentukan Tim Tracing Covid-19

Guspardi Gaus – Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi langkah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta Pemerintah Daerah (Pemda) membentuk tim pelacak Covid-19 untuk menelusuri orang-orang yang berkontak erat dengan pasien Covid-19.

Legislator asal Sumbar itu berpendapat tim pelacak Covid-19 bentukan Pemda akan membantu menemukan OTG dan orang yang terpapar karena kontak erat dengan pasien. Hal tersebut juga akan menambah lapangan kerja karena anggotanya akan diisi oleh lulusan SMA.

“Tracing sangat penting untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Persebaran jumlah tracing harus diperluas sehingga sampling dan datanya bisa semakin akurat,” kata Guspardi, Jumat (30/7/2021).

Dengan demikian, diharapkan Pemda di seluruh Indonesia agar dapat segera merealisasikan pembentukan tim pelacak di masing-masing daerahnya. Kareak jarang pemerintah daerah yang mengabaikan instruksi ataupun imbauan pemerintah pusat meskipun itu termasuk hal penting.

“Mendagri sebagai pembina kepala daerah juga harus melakukan pengawasan pelaksanaan di lapangan. Bagi daerah-daerah yang tidak menjalankannya perlu diberi sanksi tegas dan merealisasikan harus diberi apresiasi berupa insentif dan penghargaan,” pungkas Guspardi.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.