Hafisz Thohir Meminta Pemerintah Untuk Mendesak Google Berbagi Keuntungan

 Hafisz Thohir Meminta Pemerintah Untuk Mendesak Google Berbagi Keuntungan

A. Hafisz Thohir Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir meminta pemerintah untuk mendesak perusahaan digital raksasa Google agar berbagi keuntungan dengan media lokal.

Hal tersebut diungkapkan Hafisz bukan tanpa sebab. Hafisz bilang banyaknya konten media lokal yang masuk dalam platform Google meningkatkan akses masyarakat ke Google.

“Pemerintah perlu menekan Google, karena Google pasti untung. Publik jadi lewat Google kalau mau nyari berita,” ujar anggota Fraksi PAN tersebut dalam keterangan pers, Rabu (24/2).

Hafisz bilang pemerintah harus menghitung keuntungan dengan perusahaan tersebut. Ia menambahkan terdapat mekanisme yang tepat dalam pembagian keuntungan tersebut.

Pembagian keuntungan pun dinilai tidak akan merugikan pihak Google. Pasalnya akses informasi melalui Google tetap akan tinggi tak terpengaruh atas pembagian keuntungan tersebut.

“Tidak ada yang dirugikan kok. Google tetap untung dengan masuknya berita-berita milik portal-portal Indonesia,” terang Hafisz.

Hal serupa juga sebelumnya telah diterapkan di Australia. Google memutuskan untuk membayar sejumlah media lokal Australia atas konten yang muncul di mesin pencariannya.

Google baru saja meluncurkan platform berita berbayar, News Showcase di Australia pada Jumat (5/2). Perusahaan teknologi raksasa ini bahkan telah menggandeng media lokal untuk menyuplai konten di platform tersebut.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.