Hafisz Tohir: Integrasi Ekonomi ASEAN Bantu Pemulihan Pasca Pandemi

 Hafisz Tohir: Integrasi Ekonomi ASEAN Bantu Pemulihan Pasca Pandemi

Hafizs Tohir Wakil Ketua BKSAP DPR RI

Fraksipan.com – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai integrasi ekonomi ASEAN dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19. Karenanya, ia mendorong untuk memperkuat komitmen dan kerjasama perdagangan bebas antarnegara ASEAN.

Menurutnya, integrasi ASEAN mampu memberikan value added negara-negara di kawasan, dengan membuktikan diri sebagai blok yang berpengaruh kuat dalam setiap kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan blok-blok di kawasan dunia lainnya.

“Ini penting bagi kita. ASEAN Integrity merupakan jawaban terhadap beberapa keresahan masyarakat terhadap kebebasan perdagangan dunia,” ungkap Hafisz dalam Sidang Komisi Ekonomi dalam rangkaian Sidang Umum AIPA ke-42 yang diselenggarakan secara virtual dari Brunei Darussalam, Selasa (24/8/2021).

Dia mengatakan, integrasi ASEAN menjadi salah satu jalan menuju terbangunnya komunitas ekonomi regional yang stabil, terbuka, dan menjunjung nilai inklusivitas yang diharapkan dapat membawa pertumbuhan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat di kawasan ASEAN. Hal ini tidak hanya untuk kelangsungan hidup masyarakat pascapandemi tetapi juga untuk membangun masyarakat ekonomi yang kuat dan tangguh.

“Dari sisi ekonomi, kita melihat bahwa ASEAN merupakan satu region yang begitu besar, karena itu merupakan peran sentral penting untuk dimainkan. Salah satunya dengan membuat satu alur kerja ekonomi yang baik,” terang politisi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) ini.

Selain itu, konektivitas dan transformasi digital sebagai prioritas utama yang saling memengaruhi ekonomi semua sektor. Di tengah pertumbuhan ekonomi yang lamban, ekonomi digital terus menjadi mesin pertumbuhan yang kuat selama pandemi dan trennya diperkirakan akan terus meningkat. Terkait hal ini, Indonesia mendukung digitalisasi ASEAN melalui penguatan literasi digital dan skill ICT, dan penguatan sektor UMKM dengan kemudahan akses “goes digital”.

Dalam Sidang Komisi Ekonomi, delegasi Indonesia juga membahas dua draft resolusi yaitu tentang pemberdayaan UMKM dan integrasi Ekonomi ASEAN, dan penyembuhan ekonomi pasca pandemi, khususnya kerjasama turisme di ASEAN. “Kita sepakat bahwa di ASEAN ini kita ciptakan kawasan yang safety dan aman. Artinya, kalau kita membuka sektor pariwisata, maka kita harus menyusun strategi bagaimana ASEAN ini bisa mempercepat vaksinasi,” imbuh Hafisz.

Sementara, dalam rangka pemulihan sektor pariwisata pasca Covid-19 dan ketahanan apabila terjadi krisis dan pandemi di masa depan, sangat diperlukan penguatan kapasitas SDM melalui penyediaan akses yang lebih baik untuk pengembangan keterampilan, program pertukaran pendidikan dan network riset regional di bidang teknologi digital, inovasi, ecotourism, dan kewirausahaan.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.