Ibnu Mahmud Bilalludin Resmi Dilantik Gantikan Hanafi Rais

 Ibnu Mahmud Bilalludin Resmi Dilantik Gantikan Hanafi Rais

Pelantikan Ibnu Mahmud Bilalludin

Fraksipan.com – Rapat Paripurna DPR RI ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 diawali dengan Pelantikan Anggota PAW (Pergantian Antar Waktu) anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Ibnu Mahmud Bilalludin. Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahmud dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Dia didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, dan Rachmat Gobel saat pengambilan sumpah yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta, Kamis (19/8/2021).

“Sebelum memangku jabatan Anggota DPR RI saudara wajib disumpah menurut agama Islam. Sumpah yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab menjaga dan memelihara Pancasila dan UUD 1945. Sumpah ini adalah janji kepada Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran,” kata Puan.

Lewat Keputusan Presiden Nomor 96/P Tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan antar waktu Anggota DPR RI/Anggota MPR RI sisa masa jabatan tahun 2019-2024 tersebut, Ibnu Mahmud Billaludin menggantikan Hanafi Rais yang mengundurkan diri sebagai Anggota DPR RI dari dapil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terhitung sejak pengucapan sumpah tersebut, Ibnu Mahmud Billaludin resmi menjadi Anggota DPR RI/MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024, sekaligus akan menduduki salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR RI.

Ibnu Mahmud menggantikan posisi Hanafi Rais yang telah mengundurkan diri sejak awal mei 2020. Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.