Intan Fauzi: BSI harus Berorientasi Kepada Industri Halal

 Intan Fauzi: BSI harus Berorientasi Kepada Industri Halal

Hj. Intan Fauzi Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PAN

fraksipan.com – Anggota Komisi VI DPR RI, Intan Fauzi menghimbau jajaran Direksi PT Bank Syariah Mandiri Tbk (BSI) agar meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia.

“Terbentuknya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), hasil merger antara unit usaha Syariah 3 Bank Himbara: Mandiri, BNI, BRI harus meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia yang masih sangat kecil,” ucapnya, Jumat (23/9/2022).

Legislator asal Jawa Barat itu juga mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu, akses bagi masyarakat muslim harus tersentuh dengan baik.

Dirinya pun menekankan bahwa rencana aksi korporasi PT Bank Syariah Indonesia dengan kode saham BRIS perlu didukung.

Dukungan tersebut yakni dengan cara menerbitkan Right Issue 6 miliar lembar saham senilai Rp5 triliun melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Tentunya kepada para pemegang saham Mandiri, BNI, BRI. Setelah itu baru ditawarkan ke masyarakat.

“Hal ini jangan hanya dalam rangka mengejar ekuitas agar CAR BSI dapat mencapai di atas 20 persen, namun harus menjadi indikator bank sehat dan rencana ekspansi kedepan yang terarah”, tandasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) oleh BSI dengan kekhususan sebagai perbankan Syariah bisa dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan.

“Pelatihan, pendampingan dan program bagi UMKM harus berbeda dengan institusi konvensional lainnya, juga dapat melibatkan para santri, Dewan Kemakmuran Mesjid, Majelis Taklim dan sebagainya,” ungkapnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.