Intan Fauzi : Kecepatan Hasil Swab Test di Kepri Perlu Ditingkatkan

 Intan Fauzi : Kecepatan Hasil Swab Test di Kepri Perlu Ditingkatkan

Intan Fauzi Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi IX DPR RI Intan Fitriana Fauzi menilai, penanganan Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau terutama untuk kecepatan hasil test Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) perlu ditingkatkan. Saat ini di Kepri, hasil PCR Swab baru bisa diketahui 3 sampai 5 hari, tentu ini masih jauh dari harapan untuk menyelesaikan penanganan Covid-19

“Hal tersebut tentu akan kita dorong untuk peningkatan fasilitas sarprasnya, sehingga hasilnya bisa lebih cepat. Dengan begitu APBD juga tidak terbebani, karena selama menunggu hasil perlu diisolasi 3 smpai 5 hari atau mungkin kalau OTG (orang tanpa gejala) mereka sudah beraktifitas seperti biasa sebelum hasil keluar, padahal mereka positif,” kata Intan disela-sela mengikuti kunjungan kerja Komisi IX DPR RI di Batam, Kepri, Senin (15/2/2021).

Politisi Fraksi PAN ini menuturkan, sebagaimana di daerah lain, sangat dimungkinkan bagi Kepri untuk ditingkatkan fasilitas sarpras test dan tracing alat untuk Swab PCR. Bukan hanya reagan kitnya, tapi juga alat ekstraksi mesin dan juga lab yang mendapatkan sertifikasi harus tersedia di Kepri.

Di sisi lain, politisi dapil Jawa Barat VI ini berharap, masyarakat dengan kesadaran penuh dapat mengikuti program vaksinasi nasional. Karena vaksin ini aman dan tingkat efikasinya juga baik, apalagi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) juga sudah mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA).

“Tapi mungkin kita juga mendengar bahwa ada sanksi administratif, sebagaimana yang tertuang di dalam Perpres. Karena dari hasil riset masih banyak masyarakat indonesia sekitar 40 persen belum mau divaksin, tentu ini menjadi tanggung jawab pemerintah untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat sehingga mereka ikut membantu program vaksinasi,” tutupnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.