Intan Fauzi: Pelonggaran PSBB Diperlukan Untuk Jaga Ekonomi

 Intan Fauzi: Pelonggaran PSBB Diperlukan Untuk Jaga Ekonomi

Hj. Intan Fauzi, SH., LL.M, Anggota Komisi IX DPR RI F-PAN

Fraksipan.com – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN Intan Fauzi mengatakan, dampak pandemi Covid-19 di Indonesia bukan hanya persoalan kesehatan saja, tapi juga ekonomi dan sosial di masyarakat.

“Orang perlu berinteraksi, ekonomi harus berjalan, karena dampaknya negatif kalau ekonomi tidak jalan, pengangguran meningkat dan kemiskinan bisa tinggi,” ujar Intan, Kamis (4/6/2020).

“Jadi menurut saya, ekonomi harus berjalan dan ini suatu keputusan yang tepat. Secara bertahap, kita semua kembali beraktivitas supaya produktif, tapi tetap protokol kesehatan harus dijalankan,” sambung politikus PAN itu.

Menurut Intan, pelonggaran PSBB harus diikuti dengan memperbanyak fasilitas pendukung mencegah penyebaran Covid-19, misalnya tempat cuci tangan, masker, tanda menjaga jarak, dan lainnya.

“Fasilitas umum ini kan pemerintah yang mengerjakannya, stasiun dan bandara dikelola BUMN, harus disiapkan fasilitasnya. Kalau di perkantoran swasta, maka swasta yang menyiapkan fasilitasnya,” jelas Intan.

Dalam penyiapan fasilitas pendukung tersebut, kata Intan, instansi pemerintah harus memberikan contoh kepada pihak swasta, misalnya di instansi pelayanan publik yang didatangi masyarakat. Harus dibuat aturannya, menunjukkan protokol kesehatan yang tepat. Jangan berkerumun, jamnya diatur, kapasitasnya dan lainnya. (ed)

 

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.