Muhammad Rizal Sarankan Presiden Turun Tangan Melobi Saudi Mengenai Kepastian Haji

 Muhammad Rizal Sarankan Presiden Turun Tangan Melobi Saudi Mengenai Kepastian Haji

Muhammad Rizal Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan masih belum ada kepastian keberangkatan haji bagi WNI hingga saat ini.

Sejumlah anggota DPR mendorong Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turun tangan untuk melobi Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan haji tahun ini.

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Muhammad Rizal mengusulkan agar Jokowi berkunjung ke Arab Saudi dan melakukan negosiasi dengan Kerajaan terkait kuota haji bagi WNI pada 1443 H/2022 M.

Ia mengaku mendapat aspirasi dari masyarakat yang berharap dapat mengikuti pelaksanaan haji pada tahun ini.

“Saya melihat persiapannya ya sudah bisalah kalau dari Kemenag, tapi juga dari masyarakat mereka sangat berharap kalau bisa berangkat tahun ini, Pak. Bagaimanapun juga ini harapan,” ujar Muhammad Rizal dalam rapat kerja bersama Kemenag, Kemenkes, dan Kemenhub di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta 19/01/2022.

Ia berpendapat bahwa masyarakat telah menunggu lama untuk bisa berangkat pergi haji. Maka dari itu pemerintah harus segera melakukan upaya keberangkatan ibadah haji untuk masyarakat.

“saya kira. Masyarakat kita sudah menunggu 2 tahun tidak berangkat-berangkat. Mungkin ada upaya diplomasi dari Kementerian Agama atau Pemerintah Indonesia supaya paling tidak kita berangkat haji di tahun 2022 ini,” ungkapnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.