PAN Desak Kemenkes Mulai Gunakan Vaksin Halal

 PAN Desak Kemenkes Mulai Gunakan Vaksin Halal

Saleh P Daulay, Ketua Fraksi PAN DPR RI

Fraksipan.com – Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay sepakat dan mendukung secara penuh pernyataan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada pembukaan Muktamar Nahdatul Ulama di Lampung mengenai penggunaan vaksin halal pada Rabu 22/12/2021.

Saleh menyatakan penggunaan vaksin halal sejalan dengan keinginan Presiden agar kebutuhan terhadap vaksin berlabel halal menjadi prioritas. Hal itu disampaikan secara lugas dalam sambutannya.

Menurut anggota komisi IX DPR RI ini, pernyataan Presiden RI Joko Widodo tentang penggunaan vaksin halal harus sudah ditindaklanjuti oleh satgas covid-19 wabil khusus dalam penggunaan vaksin yang sudah di sertifikasi halal oleh MUI ( Majelis Ulama Indonesia) dan LPPOM ( Lembaga Pengkajian Pangan Obat – Obatan dan Kosmetika ).

“Kondisi kedaruratan untuk menggunakan vaksin tidak halal sudah waktunya untuk dihindari. Komisi IX sebagai mitra Kementerian Kesehatan RI dan BPOM RI akan membahas penggunaan vaksin halal dalam waktu dekat. Rekomendasi prioritas vaksin halal akan dibahas usai masa reses awal Januari 2022, dimana merujuk pada ketentuan vaksinisasi, sentris pengampu kebijakan dalam hal ini adalah Kementerian Kesehatan.” tegas Saleh Daulay.

Terlebih vaksin berlabel halal tersebut sudah mendapat izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM RI.

Saleh menekankan bahwa kepentingannya adalah pada perlindungan konsumen pengguna vaksin.

“Titik tekannya adalah perlindungan konsumen,nanti juga harus melibatkan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) di dalamnya.” pungkasnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.