RUU Ratifikasi IE-CEPA Disepakati Komisi VI, Abdul Hakim Beri Catatan

 RUU Ratifikasi IE-CEPA Disepakati Komisi VI, Abdul Hakim Beri Catatan

Abdul Hakim Bafagih Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Komisi VI DPR RI menyepakati Rancangan Undang Undang (RUU) untuk meratifikasi Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komperhensif Indonesia dengan EFTA (IE-CEPA).

Nantinya hasil kesepakatan tersebut akan diusulkan untuk dibahas dalam rapat paripurna DPR. Nantinya RUU tersebut baru disahkan menjadi UU dalam rapat paripurna DPR tersebut.

“Kita bisa simpulkan bahwa 9 fraksi di Komisi VI DPR RI dapat menyetujui RUU tentang pengesahan Comprehensive Economic Partnership Agreement between the Republic of Indonesia and the EFTA states,” ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal saat rapat kerja, Senin (22/3).

Terdapat catatan dari Partai Amanat Nasional dalam pengesahan perjanjan tersebut. Anggota Komisi VI dari Fraksi PAN menyampaikan prinsip yang harus dihasilkan dalam perjanjian tersebut.

Antara lain komprehensif, saling menghargai, semangat membangun, kesetaraan kedaulatan, dan saling menguntungkan. Perlu ada evaluasi bila prinsip tersebut tidak tercapai dalam IE-CEPA.

“Jika prinsip-prinsip tersebut tidak dapat ditegakkan bahkan melahirkan hubungan yang tidak seimbang bahkan merugikan maka pemerintah Indonesia harus mengevaluasi kerjansama tersebut dan membuat keputusan yang sangat tegas,” terang Anggota Fraksi PAN Abdul Hakim.

Abdul Hakim juga mendorong masuknya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masuk dalam pasar Eropa.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.