Syafrudin : Pemda Harus Jadikan Prioritas Pengelolaan Sampah Kolaborasi dengan Swasta

 Syafrudin : Pemda Harus Jadikan Prioritas Pengelolaan Sampah Kolaborasi dengan Swasta

Muhammad Syafrudin Anggota DPR RI Fraksi PAN

fraksipan.com – Anggota Komisi IV DPR-RI, Muhammad Syafrudin meminta tiap pemerintah daerah menjadikan pengelolaan sampah sebagai prioritas melalui kolaborasi dengan swasta.

Legislator asal Nusa Tenggara Barat itu berpendapat, selama ini pemerintah daerah belum menempatkan isu lingkungan dalam prioritas pembangunan di luar infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

“Pengelolaan lingkungan ini harus jadi prioritas bagi seluruh pemda. Tantangannya, soal keuangan tentunya. Namun, kembali lagi, pengelolaan sampah ini tidak bisa dilihat dari apa yang dikerjakan semata,” ujar Syafrudin, Bekasi, Jumat (26/8/2022).

Politikus Partai Amanat Nasional tersebut pun turut mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan oleh Muhammad Bijaksana Junerosano dalam membangun social enterprise Waste 4 Change tersebut.

Dengan adanya hal itu, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan membuka lapangan pekerjaan untuk ratusan orang.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa pengelolaan sampah ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Meskipun lahannya masih sewa, namun sangat bermanfaat.

” Saya memimpikan bagaimana kalau seluruh kabupaten/kota di Indonesia bisa seperti ini. Coba bayangkan seluruh Indonesia bisa kolaborasi dengan swasta dalam menangani sampah,” Jelasnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.