TKA China Kembali Datang Saat PPKM, Guspardi: Jangan Memicu Rasa Tidak Adil

 TKA China Kembali Datang Saat PPKM, Guspardi: Jangan Memicu Rasa Tidak Adil

Guspardi Gaus, Anggota Komisi II DPR RI F-PAN

Fraksipan.com – Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengkritik pemerintah karena masih memperbolehkan tenaga kerja asing (TKA) asal China kembali masuk Indonesia melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Masuknya 20 TKA China melalui Makassar di tengah penerapan PPKM darurat sangat tidak tepat waktunya,” kata Guspardi, Rabu (7/7).

Dia menilai TKA asal China ini sudah berulang-ulang masuk ke Indonesia dari awal masa pandemi ini dan selalu mendapatkan kritikan dan protes dari berbagai pihak dan masyarakat luas.
Namun, pemerintah seolah abai. Terbaru video viral yang memperlihatkan 20 TKA asal China kembali melenggang masuk Indonesia melalui Bandar Udara Makassar pada Sabtu tanggal 3 Juli 2021. Padahal, kata dia, di dalam negeri sendiri baru saja diberlakukan kebijakan PPKM darurat untuk menekan laju penularan Covid-19 yang kian mengkhawatirkan ditanah air.

“Sangat disayangkan, protes dan penolakan masyarakat seakan tidak didengar oleh pemerintah. Publik merasa ada perlakuan khusus kepada TKA China ini. Wajar timbul kecurigaan dan kecemburuan dari masyarakat ada apa di balik kedatangan TKA China yang sangat tidak tepat dari segi waktu,” kata dia.

Menurut Guspardi, 20 TKA China itu baru merupakan calon TKA yang akan melakukan uji coba kemampuan dalam bekerja di proyek strategi nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

“Saya mendukung apa yang disampaikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahwa masuknya TKA asal China saat mobilitas masyarakat dibatasi merupakan isu yang sensitif dan dapat memicu rasa tidak adil di tengah masyarakat,” ujar Guspardi.

Menurut dia, semestinya Pemerintah bersikap konsisten dalam penerapan pembatasan mobilitas masyarakat melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

“Jangan malah membolehkan TKA asal China masuk lagi ke Indonesia,” ujar Guspardi.

Legislator asal Sumatera Barat ini menegaskan wajar masyarakat menilai pemerintah kurang mempunyai sense of crisis dengan masuknya TKA China tersebut.

Sinyalemen yang ada di masyarakat bahwa aturan ditegakkan secara ketat untuk masyarakat Indonesia saja, tetapi sangat longgar untuk warga asing, apalagi TKA dari negeri tirai bambu.

Hal ini merusak suasana kebatinan masyarakat yang tengah berjuang melawan Covid -19 yang kian mengkhawatirkan dan kondisinya sudah sangat darurat.

Oleh karena itu, pemerintah mesti menjelaskan secara transparan kepada publik dan alasannya tidak menutup gerbang kedatangan orang dari luar negeri. Padahal virus corona muncul pertama kali dari Wuhan China dan varian baru pun semuanya juga dari luar negeri.

Pemerintah mesti menjadikan keselamatan rakyat menjadi prioritas utama, maka langkah tegas perlu dilakukan dengan melarang WNA negara asing masuk dengan alasan apapun termasuk berwisata maupun bekerja.

“Jangan melukai perasaan rakyat dan memicu rasa tidak adil di tengah masyarakat,” tegas anggota Komisi II DPR RI itu.

Sebelumnya, puluhan TKA tersebut diketahui tiba di Bandara International Makassar Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu (3/7) pukul 20.25 WITA dari Jakarta.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.