Zainuddin Maliki: Jangan Reduksi Pendidikan Jadi Sekedar Penyedia Tenaga Kerja

 Zainuddin Maliki: Jangan Reduksi Pendidikan Jadi Sekedar Penyedia Tenaga Kerja

Fraksipan.com – Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Prof. Zainuddin Maliki mengapresiasi keberanian Presiden RI Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi yang menunjuk pengusaha start up Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan langkah out of the box yang dengan penuh keberanian diambil oleh Presiden.

Kendati demikian, Zainuddin mengingatkan agar pendidikan tidak direduksi menjadi sekadar penyedia tenaga kerja dengan sejumlah ketrampilan vokasional tertentu.

“Penyediaan SDM yang memiliki keterampilan vokasional itu merupakan domain balai latihan kerja (BLK) atau pendidikan vokasional,” ungkapnya.

Hal ini ia ungkapkan saat mengisi diskusi bertajuk “Kabinet Maju dan Masa Depan Bangsa” yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair), di Kampus C Unair Jalan Mulyorejo Surabaya, Jumat (1/11).

Ia menilai, Indonesia memang membutuhkan kecakapan vokasional mengingat sektor industri saat ini telah memasuki percepatan perubahan industri 4.0. Bahkan, Jepang dan China saat ini tengah gencar mengembangkan industri 5.0 dalam berbagai bentuk pengolahan ig data, super-Apps, cloud computing, robotic, dan berbagai macam artificial intelligence.

“Indonesia tidak boleh ketinggalan. Tetapi ingat, tugas pendidikan bukan hanya menyiapkan kecakapan vokasional. Tugas utama pendidikan adalah memanusiakan manusia,” tutupnya. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.