Muhammad Rizal Dorong Pola Hidup Sehat Lewat Sosialisasi Germas di Tangerang

 Muhammad Rizal Dorong Pola Hidup Sehat Lewat Sosialisasi Germas di Tangerang

Anggota DPR RI Fraksi PAN Muhammad Rizal memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Germas di Kabupaten Tangerang

Fraksipan.com – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan salah satu upaya utama yang diinisiasi oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Program ini bertujuan mendorong pola hidup sehat agar masyarakat lebih kuat, produktif, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Sosialisasi Germas di Kabupaten Tangerang digelar di Kitri Bhakti, Curug, pada Minggu (8/9/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat, yang mengikuti sosialisasi dengan antusias. Acara ini merupakan kolaborasi antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Program ini merupakan kolaborasi antara DPR dan Kemenkes, yang bertujuan untuk mendorong pola hidup sehat di kalangan masyarakat,” jelas Muhammad Rizal, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN.

Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Asep dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Wahyu dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, serta Ayu Ramadan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan sosialisasi ini mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan menerapkan pola Germas, sehingga masyarakat dapat menjadi lebih sehat, kuat, produktif, dan terhindar dari berbagai penyakit,” lanjut Muhammad Rizal.

Ia juga berharap agar sosialisasi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. “Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat dipahami oleh masyarakat kita. Kesehatan sangat penting, lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga masyarakat kita selalu sehat dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Asep dari Kemenkes menyatakan bahwa sosialisasi Germas ini merupakan langkah penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat. “Dengan adanya dukungan kebijakan, pelaksanaan program yang efektif, dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Germas dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kesehatan masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Wahyu, salah satu narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, menekankan beberapa langkah penting dalam menjalankan Germas. “Langkah pertama adalah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, kedua makan buah dan sayur, ketiga tidak merokok, keempat tidak mengonsumsi minuman beralkohol, kelima melakukan cek kesehatan berkala, keenam menjaga kebersihan lingkungan, dan ketujuh, aspek sanitasi seperti menggunakan jamban yang layak,” terangnya.

Sementara itu, Ayu Ramadan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menekankan pentingnya membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak untuk mencegah penyakit tidak menular. “Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, tidak merokok atau terpapar asap rokok, menjaga berat badan ideal, dan rutin cek kesehatan adalah langkah-langkah penting untuk menjaga kesehatan,” jelasnya.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana masyarakat Kabupaten Tangerang sangat antusias berinteraksi dengan para narasumber. Mereka juga menyampaikan rasa bangganya memiliki anggota DPR RI seperti Muhammad Rizal, yang aktif turun langsung membawa program-program untuk kepentingan masyarakat.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.