Fraksi PAN Dukung Penambahan Komisi di DPR RI untuk Tingkatkan Pengawasan

 Fraksi PAN Dukung Penambahan Komisi di DPR RI untuk Tingkatkan Pengawasan

Eko Hendro Purnomo Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan dukungan terhadap rencana penambahan jumlah komisi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, sejalan dengan niatan untuk menambah kementerian dan lembaga. Sekretaris Fraksi PAN, Eko Hendro Purnomo, menegaskan bahwa penambahan komisi sangat krusial agar anggota DPR tidak terbebani dalam menjalankan fungsi pengawasan mereka.

“Maka dari itu ada kebutuhan yang mendesak agar adanya komisi baru di DPR. Jangan sampai ke depan komisi bisa kewalahan karena adanya kementerian dan lembaga baru tetapi komisinya tidak ditambah,” ujar Eko Patrio kepada wartawan pada Senin (23/9/2024).

Eko menekankan perlunya tindakan cepat dan efektif untuk mengoptimalkan program-program pemerintahan yang telah ada. Ia juga menegaskan bahwa perhatian perlu diberikan tidak hanya kepada pihak eksekutif, tetapi juga legislatif.

“Tentu kita ingin yang dijanjikan oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran seperti pertumbuhan ekonomi hingga 8 persen, membuka lapangan pekerjaan, program Makanan Bergizi Gratis, dan program lainnya bisa terealisasi,” kata Eko.

Lebih lanjut, Eko menyatakan bahwa jika legislatif tidak diperkuat, maka fungsi eksekutif tidak akan berjalan dengan baik. DPR, menurutnya, harus melaksanakan peran pengawasan dan penganggaran terhadap eksekutif.

“Aspek lain misalnya masalah pengawasan program karena anggota DPR punya konstituen sehingga mereka tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” tambah Eko.

Eko juga menegaskan bahwa DPR perlu menjalankan fungsi legislasi, termasuk dalam mengubah atau membuat peraturan yang harus melalui proses legislatif bersama eksekutif. Sebelumnya, DPR RI telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kementerian Negara yang tidak membatasi kewenangan presiden dalam membentuk kementerian.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga menyampaikan bahwa penambahan kementerian akan berdampak pada jumlah komisi di DPR RI.

“Dengan adanya rencana penambahan kementerian, tentu saja kemungkinan nantinya akan ada penambahan komisi di DPR RI untuk dapat berfungsi sebagai mitra kementerian-kementerian tersebut,” kata Puan Maharani di Jakarta, pada Sabtu (21/9/2024).

“Hal ini sedang kami matangkan dan diskusikan secara lebih dalam,” sambungnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.