Desy Ratnasari Terlibat Kegiatan Gerakan Sadar Wisata di Situ Gunung Sukabumi

 Desy Ratnasari Terlibat Kegiatan Gerakan Sadar Wisata di Situ Gunung Sukabumi

Desy Ratnasari Anggota Komisi X DPR RI Dari Fraksi PAN

Fraksipan.com – Anggota DPR RI Fraksi PAN Desy Ratnasari, M.Si.,M.Psi bersama dengan Direktorat SDM Pariwisata Deputi SDM & Kelembagaan Kemenparekraf mengadakan kegiatan Gerakan Sadar Wisata di Situ Gunung Kabupaten Sukabumi bersamaan dengan jadwal masa reses. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Deputi SDM Pariwisata Kemenparekraf  pada Senin, 19/04.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan ucapan selamat datang kepada Desy Ratnasari selaku Anggota DPR RI Komisi X yang turut serta dalam mengembangkan sektor pariwisata yang terkena dampak paling tinggi covid – 19.

Ia juga menyampaikan harapan dari Menparekraf setelah era New Normal di destinasi situ gunung akan menjadi Destinasi terbaik. Hal lain adalah fokus pariwisata pada saat ini sesuai dengan lokasi di situ gunung.

Para peserta diharapkan dapat menjadi role model yang menerapkan sapta pesona(aman,bersih,tertib,sejuk,ramah,indah,kenangan). Bagaimana menjaga destinasi wisata kita menjadi menarik kita harus bekerja dengan 3 strategi yaitu gaspoll, geber, dan gercep untuk dapat memulikan ekonomi khusus sektor ekonomi pariwisata.

Selanjutnya politikus PAN ini dalam sambutannya mengemukakan agar para peserta dapat mengambil ilmu dan dapat menerapkannya dalam pengembangan destinasi wisata secara individu maupun kelompok. Komisi X DPR RI senantiasa bekerja sama menyiapkan kuota anggota khusus untuk Sukabumi.

“Ilmu yang akan disampaikan narasumber merupakan hal yang penting tentang bagaimana sampah itu harus di kelola dengan baik. Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata Semua dimulai dengan kesadaran, tidak selalu dengan uang, diganti dengan pola usaha (penyelamatan lingkungan) dengan membentuk kelompok pengelolaan sampah, sebelum ada nya Bank Sampah, sebelum mengajak orang, dimulai dari diri kita sendiri.” ujar Desy.

Desy juga mengatakan hal sederhana yang dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan sampah, dijual ke pengepul, atau melakukan hal-hal yang bersifat organik dengan menggunakan formula penghilang bau sampah organik, dan memanfatkan sampah organik menjadi pupuk.

“Kunci pengelolaan sampah adalah mengurangi sampahmu, memilah sampah Dan mengelola sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi lingkungan.” tutupnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.