Desy Silaturahmi dan Serap Aspirasi Ke Dinas Kepemudaan, Olahraga & Pariwisata Kota Sukabumi

 Desy Silaturahmi dan Serap Aspirasi Ke Dinas Kepemudaan, Olahraga & Pariwisata Kota Sukabumi

Fraksipan.com – Dalam rangka kunjungan daerah pemilihan Jabar IV Kabupaten dan Kota Sukabumi kali ini, Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari, M.Si.,M.Psi berkunjung dan bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi Bapak Tejo Condro Nugroho, AP.,M.T beserta jajarannya, didampingi Ketua KONI Kota Sukabumi, Ketua KORMI Kota Sukabumi dan Ketua NPCI Kota Sukabumi, sabtu (15/01/2022).

Kepala Disporapar mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kunjungan langsung Anggota Komisi X DPR RI ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ruang lingkup Disporapar Kota Sukabumi membidangi (Pemuda, Olahraga dan Pariwisata), namun saat ini sedang fokus ke bidang Pariwisata untuk meningkatkan sektor Pariwisata di Kota Sukabumi.

Hal ini tentunya tidak bisa terlepas dari bagian Pemuda dan Olahraga juga sebagaimana Olahraga menjadi salah satu bagian dari Rekreasi. Saat ini banyak pemuda yang diberdayakan untuk memunculkan Ekonomi Kreatif dalam menumbuhkan ekonomi daerah, salah satunya di sektor Pariwisata.

“Ada 189 ribu pemuda di kota sukabumi, oleh karena itu perlu dikelola One Stop Service Kepemudaan, yang kemudian akan diberdayakan dibidang Pariwisata dan Olahraga agar kegiatan pemuda menjadi positif”, jelas Kepala dinas Disporapar Kota Sukabumi.

Desy juga menerima masukan langsung dari Disporapar untuk Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah diantaranya:

  1. Terminal Pariwisata mencakup strategi membangun lembaga Pariwisata, pusat informasi wisata, onestop shopping event outdoor (seperti musisi jalanan, pemuda milenial) sehingga kedepannya bagaimana terminal Pariwisata ini dapat terwujud.
  2. Pembangunan Cikundul, sebagai salah satu pusat wisata khas di Kota Sukabumi.
  3. Pembangunan Lapang Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi.
  4. Pembangunan TROK sebagai Smart Pariwisata di Kota Sukabumi.
  5. Pembangunan Stadion Surya Kencana.

Desy juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Disporapar Kota Sukabumi beserta jajaran yang telah berkenan menyediakan waktu dan tempat untuk mendengarkan masukan dan usulan ini. Maksud dan tujuannya adalah dengan bersilaturahmi, yang tentunya akan disampaikan pada rapat dengan kementerian nanti.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PAN ini mengungkapkan bahwa Komisi X sedang melaksanakan konsolidasi agar KONI bisa berkolaborasi dengan Disporapar, yang nantinya Olahraga Pariwisata dapat menjadi bagian dari Olahraga Masyarakat. Komisi X juga sedang menyusun RUU Sistem Keolahragaan Nasional dalam masa sidang saat ini dan semoga dapat segera di sahkan manjadi undang-undang. Dalam RUU SKN ini diantaranya mendorong Pelatih dan Pembina keolahragaan, Olahraga berbasis digital (Esport), Olahraga Rekreasi menjadi Olahraga Masyarakat, pemberdayaan atlit yang masih produktif kemudian dimasa pensiun, (pelatihan manajemen/kewirausahaan dimasa tua), dan
Informasi Pariwisata harus dikembangkan.

“Oleh karena itu, ini menjadi sebuah pintu gerbang pertumbuhan Pariwisata, pintu apapun dalam mewujudkan tujuan Disporapar yang dapat diakses dan memanfaatkan jalur komunikasi dengan anggota DPR RI. Anggota Komisi X sedang merapihkan agar kementrian Pariwisata dapat meningkatkan kemajuan peningkatan Pariwisat sehingga bantuan dapat terealisasi, di desa/kampung wisata”, imbuhnya.

Desy juga mengungkapkan bahwa perihal pemuda tidak hanya pemuda yang normal saja yang perlu di perhatikan tetapi perlu juga kita perhatikan dan bina pemuda penyandang disabilitas, kemudian pemuda jalanan, pemuda yang pengangguran untuk dilakukan pendekatan pendekatan yang baik sehingga dapat tercipta kesamaan hak dan keadilan dalam berusaha. (gf)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.