Eddy Soeparno : Pengalihan Subsidi BBM Ke Bansos Bisa Jaga Daya Beli

 Eddy Soeparno : Pengalihan Subsidi BBM Ke Bansos Bisa Jaga Daya Beli

Eddy Soeparno Wakil Ketua Komisi VII DPR RI

Fraksipan.com – Wakil ketua komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai pemerintah sudah tepat membuat kebijakan mengenai pengalihan anggaran subsidi BBM menjadi bantuan sosial untuk masyarakat tidak mampu.

Legislator asal Jawa Barat itu pun mendukung pengalihan subsidi untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah keputusan pemerintah menaikan harga BBM.

“Dari awal kami sudah menyampaikan bahwa ada baiknya pola dan mekanisme pemberian subsidi dialihkan dari produk ke penerima. Ini (bansos) salah satu kebijakan pemerintah yang tepat agar pemberian subsidi diberikan kepada yang butuh dan berhak,” Ucapnya, Selasa (30/8/2022).

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional itu juga menjelaskan, agar subsidi tepat sasaran, pemerintah perlu merevisi Perpres 191 Tahun 2014. Sehingga ada payung hukum yang jelas untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima subsidi.

“Itu perlu disegerakan dan kami siap untuk melakukan pengawasan dan pengawalan pelaksanaan revisi perpres tersebut,” Tandasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI, Said Abdullah menegaskan bahwa subsidi BBM banyak dinikmati masyarakat mampu.

Maka dari itu, dirinya setuju anggaran subsidi BBM dialihkan menjadi anggaran yang diperlukan masyarakat miskin. Seperti misalnya bansos, bantuan langsung tunai, bantuan upah tenaga kerja, dan fasilitas kesehatan serta pendidikan.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.