Fraksi PAN Ajukan Usulan Naskah Akademik RUU Pengelolaan Perubahan Iklim ke Baleg

 Fraksi PAN Ajukan Usulan Naskah Akademik RUU Pengelolaan Perubahan Iklim ke Baleg

Fraksipan.com – Fraksi PAN DPR RI menyerahkan usulan naskah akademik Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Perubahan Iklim (RUU PPI) ke Badan Legislasi (Baleg) DPR. Naskah akademik itu diserahkan langsung oleh Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay ke Anggota Baleg Zainuddin Maliki.

Menurutnya, Indonesia perlu memiliki aturan spesifik terkait penjagaan hutan-hutan. Sebab, saat ini telah memasuki perubahan iklim. “Dan Itulah sebabnya maka Fraksi PAN atas tentu arahan dari Partai Amanat Nasional (PAN) kita ingin membumikan hal ini dalam bentuk dibuatnya undang-undang yang spesialis tadi,” jelas Saleh di Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2023).

Saleh menyebut upaya yang dilakukan Indonesia sudah cukup baik dalam menjaga hutan. Namun, aturan spesifik tersebut masih tersebar di berbagai peraturan perundang-undangan dan kurang komprehensif. “Dalam level perundang-undangan, termasuk peraturan pemerintah dan/atau Pemda perlu dilakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih pengaturannya,” ungkapnya.

Dia meyakini bahwa masyarakat akan mendukung usulan naskah akademik RUU PPI tersebut.

Saleh juga berharap pembahasan RUU ini juga akan berjalan lancar dan segera disahkan menjadi undang-undang.

“Harapan saya karena ini malah isunya ini saya kira isu kemanusiaan, isu alam, jadi ini mungkin tidak akan lama juga. Dan resistensi ataupun penolakan di masyarakat juga mungkin tidak begitu banyak ya. Walaupun ada ya tentu nanti kita bisa cari titik temunya” pungkasnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.