Guspardi : Penyederhanaan Lembaga/Komisi, Efisiensi Anggaran

 Guspardi : Penyederhanaan Lembaga/Komisi, Efisiensi Anggaran

Fraksipan.com – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi upaya pemerintah untuk mengevaluasi keberadaan Lembaga/komisi yang dianggap kurang berperan. Lankah tersebut bisa dianggap mampu meningkatkan efisiensi lembaga/komisi.

“Kita dorong dalam rangka efisiensi dan efektivitas,” kata Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai, manfaat yang didapat di antaranya penghematan anggaran. Seperti penyediaan fasilitas untuk pejabat lembaga/komisi.

“Terjadi efisiensi terhadap fasilitas-fasilitas apakah keuangan, mobil, dan fasilitas lainnya,” ungkap dia.

Pengeluaran negara diharap semakin berkurang dengan penyederhanaan lembaga negara. Sehingga, anggaran tersebut bisa dialihkan untuk kepentingan masyarakat.

“Sehingga kita bisa memanfaatkan dana-dana untuk kepentingan masyarakat banyak secara lanjut,” sebut dia.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bisa segera merilis hasil evaluasi lembaga/komisi yang tengah dilakukan. Lembaga/komisi yang tidak produktif sebaiknya dibubarkan.

“Banyak lembaga yang tidak efisien, kenapa tidak memang dilakukan merger. Kedua dileburkan dan ketiga kalau memang tidak ada apa-apa ya dihilangkan,” ujar dia.(ed)

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.