Hafisz Tohir Dorong Penguatan Pariwisata Pasca Covid-19

 Hafisz Tohir Dorong Penguatan Pariwisata Pasca Covid-19

Achmad Hafisz Tohir Anggota BKSAP dari Fraksi PAN DPR RI

Fraksipan.com – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir sebagai delegasi Indonesia dalam ‘Plennary Session on Regional Cooperation in the Asia Pacific’, menyampaikan berbagai hal terkait penguatan sektor pariwisata di tengah pemulihan pasca pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Diketahui sesi tersebut merupakan rangkaian agenda Pertemuan Tahunan Parlemen negara-negara Asia-Pasifik (‘Asia-Pacific Parliamentary Forum’/APPF) yang bertempat di Bangkok, Thailand yang berlangsung dari tanggal 26 – 28 Oktober 2022.

Hafisz menekankan bahwa harus ada komitmen yang kuat antar parlemen tentang perubahan iklim dengan agenda pariwisata berkelanjutan seperti yang juga dipromosikan Organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO). UNWTO sendiri merupakan salah satu badan dari PBB yang menangani masalah pariwisata.

Lebih lanjut, Politisi Fraksi PAN ini menyebut perlu peningkatan kerjasama regional dalam pariwisata berkelanjutan. “Saya ingin menekankan perlunya penguatan kerja sama regional untuk pariwisata berkelanjutan sekaligus mempertimbangkan keragaman budaya di negara masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, keselarasan program pemulihan pandemo Covid-19 dengan pemulihan sektor pariwisata juga dinilai penting. Utamanya, karena pandemi selama ini telah telah berdampak pada industri pariwisata global. “Industri pariwisata global terkena dampak pandemi yang sangat parah, sehingga menyebabkan hilangnya pendapatan pariwisata dengan jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya,” imbuh Legislator Dapil Sumatera Selatan I ini.

Terakhir, dalam kesempatan tersebut, Hafisz Tohir juga menyebut bahwa Indonesia terbuka untuk kedatangan wisatawan dari negara-negara Asia Pasifik dan juga berharap dapat bekerja untuk meningkatkan kerjasama pariwisata regional dengan Indonesia.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.