Harapan Guspardi Gaus Kepada Panglima TNI Baru

 Harapan Guspardi Gaus Kepada Panglima TNI Baru

Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, menyampaikan selamat kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto atas pelantikannya oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 22 November 2023.

Sehari sebelumnya, penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI telah disetujui secara resmi melalui Rapat Paripurna DPR RI, menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa purnabakti pada 26 November 2023.

Guspardi Gaus menyatakan, “Menjadi Panglima TNI, terutama di tahun politik ini, tentu memiliki tantangan yang tidak ringan. Tanggung jawab besar, terutama dalam menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif, serta memastikan netralitas prajurit TNI selama proses pemilu adalah tugas utama Pak Agus sebagai Panglima TNI yang baru dilantik oleh Presiden,” ujar Guspardi pada Rabu (22/11/2023).

Politisi PAN ini juga menekankan bahwa masalah netralitas bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI, tetapi juga semua aparat penegak hukum. Netralitas ini dianggap penting untuk menciptakan penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil, dan damai.

“Terkait masalah netralitas harusnya ditunjukkan oleh semua aparat penegak hukum, bukan hanya TNI,” ujarnya lagi.

Guspardi berharap Jenderal TNI Agus Subiyanto dapat menjaga citra positif TNI dengan memberikan perhatian khusus pada masalah netralitas. Dia berharap agar pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 dapat berlangsung sebagai pesta demokrasi yang meriah, damai, dan mampu mengantisipasi konflik yang dapat merusak persatuan bangsa.

“Penegakan netralitas TNI dengan sebaik-baiknya akan dapat menghilangkan kekhawatiran dari beberapa pihak terkait sikap TNI dalam Pemilu mendatang. Hal ini penting agar pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berjalan dengan lancar, jujur, adil, dan damai,” kata Guspardi.

Dalam konteks kepemimpinan Jenderal Agus Subiyanto, Guspardi berharap TNI akan semakin maju. Dia juga mencatat bahwa TNI telah memiliki sistem pembinaan sendiri untuk memastikan prajurit tetap netral selama Pemilu, termasuk dengan membentuk posko pengaduan di seluruh satuan TNI di Indonesia.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan visi TNI PRIMA, yang mencakup Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif,” tambah anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, pada 22 November 2023. Jenderal Agus Subiyanto menyatakan bahwa TNI telah menyiapkan posko pengaduan untuk merespons kekhawatiran terkait netralitas institusi tersebut selama Pemilu 2024, serta mengajak masyarakat untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh anggotanya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.