Intan Fauzi: Kemendag Harus Perbaiki Tata Niaga Pangan Sampai Ke Akarnya

 Intan Fauzi: Kemendag Harus Perbaiki Tata Niaga Pangan Sampai Ke Akarnya

Fraksipan.com – Menyikapi persoalan carut-marutnya tata niaga terkait dengan stok dan harga pangan yang tidak terkendali, anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memperbaiki tata niaga pangan agar kejadian harga pangan melambung tinggi tidak terjadi lagi.

Politisi perempuan itu percaya jika permasalahan seperti itu harus segera diselesaikan untuk kemaslahatan masyarakat.

“Kemendag harus hadir untuk memperbaiki tata niaga pangan, karena akar permasalahan di hulu ini harus diselesaikan. Sehingga rakyat tidak terbebani dari tahun ke tahun,” kata Intan, dikutip dari Parlementaria, senin, 14/03/2022.

Selain itu, dia juga meminta Kemenko Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perindustrian untuk memetakan kebutuhan pangan data nasional. Selanjutnya, menilik pasokan domestik yang tersedia untuk mengalokasikan impor bahan pangan yang dibutuhkan.

Politisi dari PAN (Partai Amanat Nasional) itu meminta kolaborasi antara Bulog (Badan Urusan Logistik), Badan Pangan Nasional, dan BUMN holding pangan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan pangan. Sehingga distribusi dari principal hingga ke tingkat retail dapat terintegrasi dengan baik.

Di sisi lain, Intan juga menyoroti eksportir pangan yang ada di Indonesia. Dia berharap eksportir untuk menaati aturan di Indonesia. Menurut legislator dapil Jawa Barat VI itu, eksportir harus tetap bisa memenuhi pasokan pasar dalam negeri, namun jika tidak patuh, maka pemerintah harus berani melakukan tindakan tegas.

“Jika tidak patuh kepada ketentuan regulasi, maka cabut izin usahanya. Sementara, regulasi impor perlu disiapkan dalam waktu dekat, karena memang kita masih ketergantungan kepada bahan pangan impor, sehingga permasalahan ketergantungan impor tidak terus membebani rakyat,” tambahnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.