PAN Minta Presiden Lobi Raja Salman Secara Langsung Buka Ibadah Umroh

 PAN Minta Presiden Lobi Raja Salman Secara Langsung Buka Ibadah Umroh

Yandri Susanto Ketua Komisi VIII DPR RI

Fraksipan.com – Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung untuk melakukan diplomasi dengan Raja Salman agar penyelenggaraan ibadah umrah bisa dilaksanakan.

“Umrah bisa menjadi obat rindu bagi umat yang gagal menjalankan ibadah haji tahun 2021 ini,” kata Yandri dalam diskusi yang digelar secara daring oleh Fraksi PAN DPR RI, Kamis (10/6).

Yandri mengatakan, di setiap rapat bersama Kementerian Agama, dirinya selalu mengingatkan kepada pemerintah agar bersungguh-sungguh melakukan lobi politik kepada kerajaan Saudi Arabia agar larangan terbang itu bisa segera dibuka kembali.

Menurutnya, lobi ini penting tetap dilakukan oleh pemerintah. Sebab, meskipun penyelenggaraan haji tahun ini telah diputuskan ditiadakan, tapi masih ada jutaan umat Islam di Indonesia yang juga masih mengantre untuk bisa melaksanakan ibadah umrah.

“Mungkin untuk mengobati kerinduan dengan Tanah Suci, ya pemerintah harus sungguh-sungguh. Jangan lalai, jangan santai, jangan menganggap ini sesuatu yang tidak penting, sangat penting,” ujar politikus PAN ini.

Dalam kaitan upaya diplomasi ini, Yandri meminta agar Presiden Jokowi mau turun langsung untuk berkomunikasi dengan Raja Salman. Jika hal ini dilakukan, ia menganggap bahwa pemerintah menganggap bahwa persoalan ini sangat serius.

“Nah mungkin dengan itu ya sebelum Idul adha atau minggu depan larangan terbang itu dibuka, ya itu juga kado terbaik buat bangsa ini, di samping persoalan orang mau berangkat umrah, mungkin ada pertukaran pelajar, bisnis, dan sebagainya,” kata dia.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.