PAN Soroti Perubahan Iklim dan Subsidi Kendaraan Listrik

 PAN Soroti Perubahan Iklim dan Subsidi Kendaraan Listrik

Eko Hendro Purnomo Anggota Fraksi PAN DPR RI

Fraksipan.com – Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio membacakan pandangan Fraksi PAN atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal RAPBN Tahun Anggaran 2024 pada Selasa, 23/5/2023 di Senayan.

Dalam beberapa poin pandangan fraksi tersebut, ada dua topik mengenai isu pengelolaan perubahan iklim dan subsidi kendaraan listrik yang juga disorot oleh fraksi PAN dalam rapat paripurna tersebut.

Eko menjelaskan jika perubahan iklim sudah sangat nyata dirasakan dampaknya, baik secara lokal maupun global. Maka sangat penting peran negara hadir dan memberikan kepastian dalam menentukan kebijakan pengelolaan perubahan iklim. Ia mendorong agar RUU Pengelolaan Perubahan Iklim dijadikan prioritas dalam pembahasan.

“Perubahan iklim sudah sangat nyata kita rasakan dampaknya saat ini, untuk melakukan pengendalian sedemikian rupa maka fraksi PAN meminta kepada pemerintah dan segenap hadiri untuk manjadikan RUU pengelolaan perubahan iklim yang usulkan fraksi PAN agar segera mungkin dijadikan prioritas pembahasan. Hal ini dinilai sangat penting agar perubahan iklim dikelola sebaik mungkin” ujar Eko.

Pada pertengahan maret 2023 yang lalu Fraksi PAN telah menggelar diskusi panel dengan topik Naskah Akademik dan RUU Pengelolaan Perubahan Iklim di Komplek DPR RI Senayan.

Dalam momentum tersebut juga dilaksanakan penyerahan naskah akademik RUU Pengelolaan Perubahan Iklim oleh Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay kepada Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Prof. Zainuddin Maliki.

“Fraksi PAN mengusulkan perlunya Rancangan Undang-undang tentang Pengelolaan Perubahan Iklim sebagai payung hukum yang mengatur lebih komprehensif, terarah, dan sistematis terkait regulasi perubahan iklim,” kata Saleh pada Kamis, (16/3/2023) yang lalu.

Poin kedua yang menjadi sorotan dalam pandangan Fraksi PAN hari ini adalah mengenai subsidi kendaraan listrik yang dinilai tidak tepat sasaran. Sehingga yang merasakan manfaat kebijakan tersebut hanya orang-orang kaya atau kelas atas saja.

Eko Hendro Purnomo menyampaikan alangkah baiknya jika subsi tersebut diarahkan kepada transportasi umum yang agar lebih banyak pihak yang dapat merasakan manfaatnya. Atau diarahkan pada sektor pertanian dengan penambahan subsidi pupuk untuk petani.

“Subsidi mobil listrik lebih baik diarahkan untuk pemerintah memberikan subsidi kepada transportasi umum yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat kelas bawah atau juga subsidi bidang pertanian yaitu pupuk yang selalu semakin menurun.” ungkap Eko.

“Fraksi PAN berharap RAPBN tahun anggaran 2024 benar-benar berorientasi kepada percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” pungkas Eko dalam sidang paripurna tersebut.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.