Rizki Sadig Sayangkan RI Ekspor Kakao Dalam Bentuk Barang Mentah

 Rizki Sadig Sayangkan RI Ekspor Kakao Dalam Bentuk Barang Mentah

Fraksipan.com – Anggota Komisi I DPR-RI, Ahmad Rizki Sadig mengatakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa Indonesia merupakan 3 besar produsen kakao di dunia yang pusatnya berada di Blitar, Jawa Timur.

“Banyak masyarakat kita yang belum mengetahui kalau Indonesia masuk 3 besar produsen kakao di dunia dan kita memiliki sentra daerah penghasil kakao terbesar yang terletak di Blitar, Jawa Timur,” ucap Rizki, Jumat (5/8/2022).

Dirinya juga menjelaskan bahwa ekspor kakao yang dilakukan masih berupa bahan mentah. Lebih lanjut dia menambahkan, bisa saja negara yang mengekspor kakao dari Indonesia lalu mengolahnya menjadi berbagai produk dan kembali dijual ke Indonesia dengan harga yang mahal.

Politikus PAN itu juga mengatakan agar DPR-RI fokus terhadap komoditas kakao yang berpusat di Blitar, terutama di kawasan kampung Cokelat, Desa Plosoreko, Kademban.

Sehingga nantinya memiliki kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Ini akan jadi konsen DPR agar komoditas kakao di Blitar dapat memiliki sumbangsih dalam rangka pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Rizki.

Legislator asal Jawa Timur berpendapat bahwa aktivitas ekspor mentah kakao tak bisa dibiarkan berlarut begitu saja. Sebab, berpotensi menimbulkan kerugian bagi Indonesia.

“Ini akan jadi bumerang buat kita apabila setelah diolah menjadi beberapa item produk, mereka kembali menjual olahan cokelat tersebut ke Indonesia,” jelas Rizki.

Oleh karena itu, ia berharap ada solusi yang ditawarkan oleh pemerintah daerah (pemda) agar kegiatan ekspor kakao tidak hanya sebatas bahan mentah saja, akan tetapi juga ada produk lainnya yang mempunyai nilai tambah.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.