Soroti Subsidi Mobil Listrik, Ahmad Najib: Lebih Banyak Yang Lebih Harus Diperhatikan

 Soroti Subsidi Mobil Listrik, Ahmad Najib: Lebih Banyak Yang Lebih Harus Diperhatikan

Ahmad Najib Qodratullah Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Rencana pemerintah untuk memberikan subsidi anggaran mobil listrik sebesar Rp 5 triliun kembali menjadi sorotan. Rencananya dana sebesar Rp 5 triliun ini akan dibagi untuk subsidi pembelian motor listrik, mobil listrik, serta bus listrik.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah menilai, bahwa banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah ketimbang menyalurkan subsidi untuk kendaraan listrik.

“Banyak yang lebih mendesak untuk diperhatikan subsidi pupuk dan lain-lain,” kata Najib, Jumat,(13/1/2023).

Meski demikian, Najib tetap mengapresiasi, langkah besar pemerintah untuk menghijaukan energi di Indonesia melalui penyaluran program subsidi kendaraan listrik.

“Namun tentu saya melihat bahwa pemerintah perlu memulai langkah yang besar untuk menghijaukan energi kita,” pungkas Najib.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan dana Rp5 triliun untuk subsidi kendaraan listrik tahun depan. Dana ini akan dibagi untuk subsidi pembelian motor listrik, mobil listrik, serta bus listrik.

“Sedang dibicarakan dengan menteri keuangan. Nilainya Rp 5 triliun. Nanti dibagi motor berapa, mobil berapa. Bus (listrik) itu akan kita pertimbangkan juga,” kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Pemerintah sendiri membocorkan aturan subsidi untuk mobil listrik yang dijual di bawah Rp800 juta di Indonesia. Sejauh ini hanya ada beberapa merek mobil listrik yang masuk kategori tersebut.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.