Soroti UU ITE, Athari: Cermat dan Hati-hati

 Soroti UU ITE, Athari: Cermat dan Hati-hati

Fraksipan.com – UU ITE atau Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik tengah menjadi sorotan publik. Terlebih ketika Presiden Joko Widodo membuka peluang untuk merevisinya. Kata Jokowi, jika UU ITE tidak memberikan rasa keadilan maka undang-undang tersebut akan direvisi ulang.

Rencananya, presiden akan merevisi undang-undang karet yang menyebabkan penafsiran di masyarakat berbeda-beda. Tak hanya itu, presiden juga memerintahkan Kapolri dan jaharannya agar dapat lebih selektif menerima pengaduan dari masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Anggota DPR RI Fraksi Partai PAN, Athari Gauthi Ardi pada postingan di akun Instagram pribadinya memberikan pandangan.

Ia menuliskan, masyarakat dari berbagai lapisan dapat lebih bijak memaknai UU ITE tersebut. Karena jika salah pemahaman maka akan banyak sekali salah tafsir yang terjadi di masyarakat. Akibatnya, UU ITE akan menjadi senjata untuk saling menjatuhkan.

“Berbagai pendapat yang mengemuka, baik yang berkomunikasi secara langsung dengan saya ataupun dari celetukan teman-teman mengenai pelanggaran demokrasi dan UU ITE. Menurut saya kita perlu cermati dan hati-hati agar tidak menimbulkan multi-tafsir mengenai UU tersebut,” katanya, pada Senin (22/2/2021) kemarin.

Ia melanjutkan, meski UU ITE dapat menjadi alat untuk saling menjatuhkan Athari menegaskan masyarakat tidak perlu takut. Athari mengungkapkan, masyarakat tidak perlu takut untuk terus berinovasi, berkreasi, bahkan memberikan kritikan di media siber.

Meskipun begitu, ia tetap mengingatkan masyarakat tetap harus mengerti pedoman pada ketentuan-ketentuan yang berlaku. Karena, jika masyarakat tidak memahami hal tersebut dapat menjadi kasus yang berbuntut ke ranah hukum.

“Masyarakat jangan takut untuk terus berinovasi, berkreasi, bahkan memberikan kritikan di media siber. Namun tetap harus bijak dan tentunya berpedoman pada rambu-rambu yang ada di UU ITE. Karena sejatinya peraturan itu dibuat untuk menjaga kita,” sebutnya.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.