Yandri Susanto: Jangan Risau, Dana Calon Haji Tidak Dipakai untuk Tangani Corona

 Yandri Susanto: Jangan Risau, Dana Calon Haji Tidak Dipakai untuk Tangani Corona

Yandri Susanto Ketua Komisi VIII DPR RI

Fraksipan.com – Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto memastikan dana calon jemaah haji (Calhaj) tidak akan digunakan untuk penanganan Virus Corona (Covid-19). Pasalnya, lanjut Yandri, sempat beredar kabar bahwa dana yang sudah disetorkan calon jemaah haji akan dipakai untuk membantu penanganan Covid-19. Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) ini meyakini berita tersebut tidak benar.

“Jika ibadah haji batal, dana setoran haji yang sudah disetorkan bapak-ibu calon jemaah haji ke bank penerima sama sekali tidak akan diganggu satu rupiah pun,” pasti Yandri Susanto, dalam rapat virtual Komisi VIII DPR RI dengan Ditjen PHU Kementerian Agama dan BPKH, Rabu (15/4).

Oleh karena itu, ia berharap agar calon jemaah haji tidak risau atas dana yang sudah disetorkan. Karena semua akan dijamin keamanannya.

Meski demikian, ia menambahkan, jika nanti pelaksanaan ibadah haji tahun ini gagal, maka dana haji 2020 yang sudah dipersiapkan untuk pelaksanaan haji akan direalokasikan untuk penanganan Covid-19.

“Jadi yang akan digeser atau direalokasikan untuk membantu penanganan Covid-19 adalah anggaran APBN yang sudah dianggarkan sebelumnya, sebesar Rp 325 miliar. Bukan dana yang disetorkan calon jemaah Haji,” tegasnya –seperti dilansir laman dpr.go.id, Kamis (16/4). (ed)

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.