Guspardi Gaus: Kabupaten/Kota Menjerit Soal Ketersediaan Blanko e-KTP

 Guspardi Gaus: Kabupaten/Kota Menjerit Soal Ketersediaan Blanko e-KTP

Anggota Komisi II DPR, H. Guspardi Gaus bersalaman dengan Mendagri Tito Karnavian usai rapat dengar pendapat (RDP), Rabu (26/2) di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Fraksipan.com – Anggota Komisi II DPR, H. Guspardi Gaus menegaskan, sejumlah kabupaten/kota masih menjerit soal  ketersediaan blanko e-KTP. Padahal itu sangat penting bagi masyarakat, apalagi bagi daerah yang  melaksanakan Pilkada serentak.

Hal itu disampaikan politisi PAN asal Sumbar ini dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Mendagri Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Pengelola  kerbatasan dan Rektor IPDN, Rabu  (26/2) di ruang rapat Komisi II Gedung Nusantara, Jakarta.

“Apa kendalanya lagi, apalagi sebelumnya Komisi II sudah setuju dengan pengalihan anggaran di  internsl Kemendagri sekitar Rp18 miliar untuk penyediaan blanko e-KTP ini,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Guspardi mengungkapkan temuan yang terjadi di Medan, saat Komisi II DPR kunjungan kerja ke sana, beberapa waktu lalu. Tahapan Pilkada terganggu  akibat keterbatasan blanko e-KTP ini.

“Dari penjelasan Plt. Walikota Medan, diketahui, Pemko Medan sudah siap  menggelar Pilkada. Namun masih ada beberapa kendala, salah satunya terkait ketersediaan blanko e- KTP. Kebutuhan blanko untuk  Medan lebih dari 60 ribu, namun Dinas Dukcapil hanya memberikan sepuluh ribu, dan  dikirim lagi hanya sepuluh ribu, terkesan dicicil,” ungkap Guspardi.

Kalau memang seperti penjelasan Mendagri tadi ada sekitar 10 juta blanko e-KTP dipersiapkan, Guspardi berharap segera didistribusikan ke kabupaten/kota dengan porprosional terutama di daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak. (ed)

mediafraksipan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.