Hafisz Tohir: Seharusnya Ibu Hamil Dan Menyusui Dapat Tunjangan

 Hafisz Tohir: Seharusnya Ibu Hamil Dan Menyusui Dapat Tunjangan

A Hafisz Tohir Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Achmad Hafisz Thohir, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), menyatakan aspirasinya agar ibu hamil dan menyusui dapat menerima tunjangan dari pemerintah. Menurutnya, ini menjadi hal penting untuk memastikan bahwa generasi penerus bangsa dapat tumbuh dengan cerdas dan mampu bersaing di tingkat internasional.

“Ke depan negara perlu memberi tunjangan kepada ibu-ibu hamil, balita, dan menyusui. Semangat ini sesuai dengan ruh dalam Mukaddimah UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa agar ke depan tumbuh generasi penerus bangsa yang cerdas dan siap bersaing dengan bangsa-bangsa dunia,” ujar Hafisz dalam pernyataannya pada Senin (30/10/2023).

“Maka itu, anak-anak balita yang dilahirkan harus dibiayai negara,” tambahnya.

Hafisz mencatat bahwa beberapa negara maju menghadapi penurunan tingkat kelahiran dalam beberapa waktu terakhir. Menurutnya, fenomena ini dapat berdampak pada jumlah populasi di masa depan.

“Momentum ini harus dijaga karena populasi yang rendah bisa menjadi malapetaka. Bayangkan saking ingin menjaga pertumbuhan populasi yang sehat kaum ibu-ibu di beberapa negara maju dunia mereka diberikan insentif jika ingin hamil,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hafisz menjelaskan bahwa lima tahun pertama kehidupan anak merupakan waktu yang krusial dalam perkembangannya. Oleh karena itu, anak-anak perlu mendapatkan nutrisi yang baik untuk menjadi generasi yang unggul.

“Di beberapa negara maju keluarga prasejahtera diberikan tunjangan dalam bentuk kupon belanja yang hanya dapat ditukar dengan jenis makanan/minuman untuk perbaikan gizi/nutrisi keluarga, seperti susu, sayuran, daging, dan bahan pangan lainnya,” ungkap Hafisz.

“Kupon ini hanya dapat ditukarkan di supermarket yang ditunjuk dan implementasi di lapangan dipantau dengan tertib untuk menghindari salah sasaran,” tambahnya

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.