Zainuddin Maliki : RUU HIP Harus Dicabut Bukan Diganti

 Zainuddin Maliki : RUU HIP Harus Dicabut Bukan Diganti

Prof. Zainuddin Maliki Anggota DPR RI Fraksi PAN

Fraksipan.com – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI mengklaim tetap meminta Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dicabut. PAN juga tidak sepakat apabila RUU HIP malah diganti dengan RUU lainnya yang serupa.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zainuddin Maliki mengatakan pengubahan RUU HIP menjadi RUU lain bukan menjadi solusi berarti. Sebab, menurut pihaknya, Pancasila itu sudah bersifat final dan tidak perlu dibahas kembali dalam sebuah regulasi.

“Bagi Fraksi PAN, RUU HIP itu diusulkan itu untuk disetop dan tidak perlu mengajukan RUU pengganti apapun namanya, itu tidak akan menyelesaikan masalah,” kata Zainuddin dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (17/7/2020).

Zainuddin menuturkan bahwa Pancasila itu lahir dari sebuah pengorbanan. Sehingga menurut ia tidak perlu lagi dibawa menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat yang sepakat kalau Pancasila itu sudah bersifat final.

Ia beranggapan yang seharusnya dilakukan saat ini ialah bagaimana nilai-nilai pancasila itu bisa terwujudkan dalam setiap aspek kehidupan baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

“Jadi sekarang ini menurut hemat saya, tidak perlu lagi kita mengusulkan RUU terkait Pancasila,” pungkasnya. (ed) suara

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.