Ashabul Kahfi Dorong Pembuatan Kalender Global Umat Islam

 Ashabul Kahfi Dorong Pembuatan Kalender Global Umat Islam

Fraksipan.com – Ashabul Kahfi, Ketua Komisi VIII DPR, mendorong pembuatan kalender Islam global untuk menghindari perbedaan dalam penetapan hari raya.

Hal ini disampaikannya dalam Sidang Isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah oleh Kementerian Agama pada Jumat (7/6).

“Ini sejalan dengan semangat persatuan. Saya memiliki harapan dan menyampaikan harapan pada kesempatan ini agar di masa depan kalender umat Islam sedunia dapat diwujudkan,” kata Ashabul di Kantor Kemenag Jakarta.

Ashabul yang merupakan politisi PAN ini menyebut terdapat perbedaan penetapan Idul Adha 2024 di Indonesia dan antar negara.

Ia berharap pembuatan kalender Islam dunia dapat menyatukan, sehingga tidak ada lagi perbedaan hari raya.

“Kita tidak lagi menemui perbedaan dalam penentuan hari raya termasuk hari raya Ibadah Haji. Ini tentu akan semakin memperkuat persatuan umat Islam dan memudahkan koordinasi dalam berbagai kegiatan negara,” katanya.

Ashabul menyatakan, perbedaan penetapan hari raya Islam selama ini dinilai menjauhkan dari persatuan umat Islam.

Kalender umat Islam dunia diharapkan mulai dibahas oleh negara-negara mayoritas muslim di dunia.

“Dengan adanya kalender itu kan tentu kita sudah terhindar dari perbedaan yang selama ini terjadi di hampir momen-momen Hari Raya Idul Adha. Itu harapan saya sebenarnya tapi itu kan butuh proses,” katanya menambahkan.

Sekedar informasi, Komisi VIII DPR RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta para peserta Sidang Isbat penetapan awal Zulhijjah sepakat 1 Zulhijjah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024 M dan Hari Raya Iduladha 1445 H jatuh pada 17 Juni 2024.

“Semua komponen yang diundang hadir dan sepakat atas penetapan satu bulan Zulhijjah jatuh pada 8 Juni 2024,” ujar Ashabul Kahfi, Jumat (7/6).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi turut bersyukur seluruh organisasi masyarakat (ormas) Islam sependapat bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

“Perlu kita syukuri, kita umat Islam di Indonesia, seluruh ormas Islam sepakat bahwa 1 Zulhijjah jatuh pada 8 Juni 2024, dan Idul Adha, Hari Raya Kurban akan kita langsungkan pada tanggal 17 Juni 2024,” jelas Jaidi.

“Meskipun Saudi Arabia sudah menetapkan 1 Zulhijjah hari ini (7 Juni 2024), dan Idul Adha-nya tanggal 16 Juni 2024, bagi kita itu selisih antar negara yang terjadi dan tidak perlu mengusik perbedaan,” lanjut Jaidi.

“Kita ciptakan suasana kedamaian, kasih sayang di antara kita pada kehidupan ini, agar bangsa Indonesia kita menjadi bangsa yang penuh kedamaian,” pesannya

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.