Eddy Soeparno Desak Audit Menyeluruh, Buntut Pemalsuan Emas Antam 109 Ton

 Eddy Soeparno Desak Audit Menyeluruh, Buntut Pemalsuan Emas Antam 109 Ton

Fraksipan.com – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, meminta dilakukan investigasi menyeluruh di PT Antam agar kasus penyelewengan yang merugikan masyarakat ini bisa terungkap.

“Kami mendesak agar dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh di PT Antam dan siapapun yang bersalah harus ditindak tegas. Pemalsuan emas logo Antam ini jelas-jelas merugikan masyarakat. Sudah seharusnya pelaku dihukum berat agar menjadi efek jera,” kata Eddy dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

Eddy, yang juga Sekjen PAN, menegaskan perlunya investigasi menyeluruh karena mekanisme pengawasan internal yang ada telah gagal mendeteksi kasus ini.

“BUMN itu kan sudah ada sistem pengawasan internalnya. Artinya pengawasan internal berhasil dikelabui atau justru ada kemungkinan lain? Inilah pentingnya investigasi yang dalam dan menyeluruh. Siapapun yang bersalah harus dihukum,” tegasnya.

Eddy menambahkan, dengan terbukanya kasus ini, Komisi VII DPR RI akan mendesak pemeriksaan terhadap seluruh kegiatan bisnis Antam untuk mencegah penyelewengan di sektor lain.

“Pemeriksaan harus dilakukan menyeluruh agar tidak terjadi penyelewengan dari unit usaha lainnya dan deteksi dini bisa dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar di masyarakat,” ungkapnya.

Secara khusus, Eddy juga meminta PT Mind ID sebagai induk perusahaan untuk melakukan audit investigatif terhadap semua anak perusahaannya.

“Audit investigasi perlu dilakukan oleh PT Mind ID khususnya anak perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan. Hal ini penting agar tidak ada lagi kebocoran negara dan segala penyelewengan dihentikan dan pelakunya dihukum seberat-beratnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyatakan terdapat perbedaan kualitas antara 109 ton emas berlogo Antam palsu dengan logam mulia produksi asli PT Antam.

editor

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.